Okay, first off all, we’re not talking about PC/Computer, coz obviously, di jaman sekarang, jumlah RAM atau memori sistem 4GB itu adalah MINIMAL. Jadi, ngomongin apa nih? Tentu saja, Smartphone! yang spesifikasinya semakin kesini semakin tinggi.

Belakangan, pelan-pelan mulai bermunculan smartphone dengan RAM 4GB, awalnya Zenfone 2 dari ASUS, lalu muncul Lenovo, lalu ada Xiaomi Note Pro, dan masi akan hadir lagi setidaknya di tahun ini. Gw kemudian ‘gatel’ untuk nulis ini soalnya beberapa hari yang lalu, ada yg update status di FB soal performa RAM 2GB vs 4GB yang tidak se-wah dibandingkan selisih harganya.

Memang sih, gw jg awalnya mikir fungsi utama RAM gede di smartphone paling buat future proofing aja, at least nanti kalo OS nya makin rakus, minimal hape nya masih bisa jalanin. Yaaaa mirip-mirip Windows lah XP vs 7 vs 8. Bedanya, kalo di Windows biarpun OS nya cukup normal konsumsi memori, aplikasi yang rakus memori BANYAK. Faktor inilah yg kadang memunculkan pertanyaan, butuh ga sih hape dgn RAM 4GB?

Berdasarkan penggunaan gw selama beberapa minggu, Asus Zenfone 2 dengan RAM 4GB itu terasa ‘hebatnya’ ketika multitasking dengan game dgn catatan game nya juga kelas berat. Game kategori kelas berat ini gampangnya liat dari size, kalo uda lebih dari 500MB BIASANYA lumayan makan resource. Nah kalo misal lagi main game, terus balas BBM or Wassap or apalah, terus switch lagi ke game, itu sangat lancar dengan RAM 4GB.

Tapi kalo smartphone cuma dipake buat social media, chat, dan game sederhana macam Candy Crush dan teman-temannya, RAM 2GB sih cukup. Atau juga biasanya 3GB pada beberapa tipe high end dari merek macam Samsung atau LG.



Faktor lain adalah sistem operasi dan UI. Android L atau versi 5 cukup terkenal dgn manajemen memori RAM nya yang payah, selain kasus memory leak (silakan google) ada jg kasus memory management yg terlalu agresif jadi aplikasi sering di load ulang ketika kita switch apps. Kalo faktor UI, ya semakin banyak gimmick atau bloatware (aplikasi sampah bawaan) tentu lah semakin banyak RAM yg dikonsumsi.

SIMAK JUGA >  AMD Ryzen APU : Prosesor mainstream yang paling ditunggu

Jadi, RAM 4GB itu penting atau ngga saat ini? ya tergantung, kalo pengunaanmu lebih standar kaya yang gw sebutkan diatas, pilih aja yg 2GB atau stick to your current smartphone, tunggu sampai benar-benar sudah butuh RAM 4GB atau lebih. Tapi kalo kamu pengguna level Advanced atau bahkan Enthusiast, pengen the latest and the greatest, silakan, go with the 4GB RAM Smartphone. Satu hal yang bisa gw kasi tau, using a 4GB RAM Smartphone is hell of an experience. Gw hampir ngga pernah kehabisan memori untuk menjalankan aplikasi, setidaknya untuk saat ini. 😛