Selang beberapa bulan sejak peluncuran Redmi 5 dan 5 Plus, Xiaomi juga akan menghadirkan varian Note nya. Dan karena barangnya termasuk sulit didapatkan terutama yang harga resmi, banyak juga yang rela bayar sedikit lebih mahal tapi pasti dapat. Sebegitu menariknya kah? Apa sih yang bikin seri ini tetap diburu para penggemar gadget? Hmm…

Langsung aja lah ngga usah bertele-tele, ini 5 poin daya tarik Xiaomi Redmi 5, 5 Plus dan juga Note 5.

1. Layar

5-poin-redmi-1

Sudah pasti yang pertama adalah layarnya, dari awal materi promosi mereka itu kok yang di tulis gede-gede. Fullscreen for Everyone. Yang artinya, layar panjang 18:9 berbezel tipis menjadi unggulan untuk memanjakan mata pengguna. Bedanya, pada Redmi 5, besarnya 5,7 dengan resolusi 1440 x 720 alias HD+, sementara pada Redmi 5 Plus dan Note 5 2160 x 1080 alias Full-HD+. Seperti pada review Redmi 5 Plus gw disini, layarnya termasuk bagus, dengan komposisi kontras dan saturasi warna yang baik. Tingkat kecerahannya juga termasuk bisa diandalkan terutama untuk penggunaan di luar ruangan.

 

2. Baterai

5-poin-redmi-4

Berikutnya adalah kapasitas baterai. Untuk kelasnya, baik Redmi 5 maupun Plus dan Note, punya kapasitas baterai yang tergolong besar. Efeknya sudah tentu daya tahan yang lebih lama. Apalagi chipset yang digunakan masing-masing varian termasuk hemat daya, jadi nggak heran kalau dalam satu kali cas, penggunaan diatas satu hari itu sudah hampir pasti.

 

3. Harga

5-poin-redmi-3

Kalau ngomongin keluarga Redmi, sudah pasti faktor harga bakalan ada di poin atas. Gebrakan Xiaomi Indonesia sih mulai terasa sejak mereka nekat merilis seri Redmi entry-level yaitu Redmi 5A pada akhir tahun lalu. Yah, terlepas dari segala skeptis dan persepsi negatif soal ini, tetap saja image Xiaomi Redmi adalah smartphone murah meriah. Nggak heran juga kalau hestek itu, (iya yang itu, pasti taulah 😛 ) bakalan tetep nempel. Gw cuma bisa bilang gini, kalau ada budget lebih atau nggak naksir seri ini, silakan ke yang lain, masih banyak kok yang lebih bagus. Tapi kalau budget mepet, nggak ada salahnya lirik seri ini terutama Redmi 5 polos yang menurut gw oke banget di harganya.

SIMAK JUGA >  Notebook Premium Ringan Dijinjing dan Di Kantong? Ada!

 

4. Kamera

5-poin-redmi-2

Kamera utama 12MP yang digunakan Redmi 5, 5 Plus adalah unit yang sama. Modul kamera ini merupakan modul kamera yang digunakan pada seri Mi A1 juga. Bedanya pada Mi A1 ditemani kamera kedua untuk kemampuan tambahan seperti zoom dan efek bokeh. Sementara untuk Redmi Note 5, meskipun secara spesifikasi mirip, tetapi ternyata sensor yang digunakan berbeda, dan dari reviewnya, kayanya hasilnya ajib juga sih. Anyway, varian apapun yang dipilih di seri ini, hasil fotonya hampir pasti memuaskan.

 

5. Performa / Kinerja

5-poin-redmi-5

Seri Redmi sudah jelas dan pasti menggunakan komponen kelas menengah ke bawah, tapi justru itu yang menarik. Bahkan untuk si Redmi 5 polos, SoC yang digunakan (Snapdragon 450) punya tenaga yang sangat cukup untuk segmennya. Sementara Redmi 5 Plus, walaupun basi, Snapdragon 625 juga tetap punya kinerja yang baik. Nah hal yang berbeda dengan Redmi Note 5, karena yang ini menggunakan SoC cukup baru, Snapdragon 636 yang merupakan turunan dari SoC kelas atas dan kinerjanya 40% lebih tinggi dari Snapdragon 625 yang digunakan di Redmi 5 Plus.

 

Jadi gimana? masih penasaran atau makin penasaran sama keluarga Redmi 5 ini? Kalau gw sih penasaran sama Note 5 nya yang pada saat artikel ini ditulis, masih belum diluncurkan resmi di Indonesia.

5-poin-redmi-6

Well, kalau begitu, mari kita rebutan lagi di flash sale 😀