Akhirnya Samsung Galaxy Note 8 resmi diumumkan kemarin pada 23 Agustus 2017. Meski masih harus menunggu untuk mulai penjualannya, gw yakin banyak yang ngiler, walaupun belum tentu akan beli. Tak masalah, yang penting simak dulu 8 fitur (dan hal) keren dari phablet ini.

Setelah kena damage yang cukup besar dari insiden Galaxy Note 7 tahun lalu, Samsung tetap berusaha mendapatkan kembali hati para fans-nya terutama pecinta jajaran Note. Inilah, Samsung Galaxy Note 8, phablet terbaru yang melengkapi jajaran produk flagship mereka tahun ini.

galaxy-note-8-warna

Nah tentu saja, seperti yang sudah-sudah, Note 8 juga menghadirkan sesuatu yang baru, yang unik dan berbeda untuk ‘memisahkan’ dirinya dari keluarga S (S8/S8+). Secara spesifikasi sudah pasti kelas atas lah, tapi ada beberapa hal yang menjadi daya tariknya.

Inilah 8 fitur keren dari Galaxy Note 8 :

1. Dual Camera Utama

Ketika smartphone flagship hampir dari semua vendor pakai dua kamera, Samsung akhirnya ikutan juga. Tapi bedanya, konfigurasi dual camera pada Note 8 ini bisa dibilang lebih canggih. Kedua kamera belakangnya punya resolusi 12MP, dimana kamera ‘utama’ punya bukaan f/1.7, dan kamera tele punya bukaan f/2.4 . Yang istimewa dari dua kamera ini, keduanya sudah OIS. Ini sesuatu yang baru karena biasanya, bahkan pada iPhone 7+ pun, kamera tele atau kamera kedua tidak punya OIS.

note-8-camera

Sensor kedua ini juga bisa buat efek bokeh a.k.a Portrait Mode yang kayaknya emang lagi ngetren yah. Disebut Live Focus, fitur ini menghasilkan foto yang bokeh nya bisa diatur sebelum atau setelah memotret. Lalu, Galaxy Note 8 juga bisa langsung jepret pake kedua sensornya (Dual Capture), jadi kita dapat 2 foto, Wide dan Tele. Asyik juga ya 😀

SIMAK JUGA >  [Hands-on] ASUS Zenfone Max Pro M1, Penantang Serius Kelas 2 Jutaan

2. Live Messaging

Berbicara soal Galaxy Note, sudah pasti S-Pen tidak bisa dilupakan. Nah fitur baru dan seru buat Note 8 dengan S-Pen nya adalah Live Messaging. Fitur ini berupa kanvas animasi yang kalau kita coret-coret, bisa kita kirimkan dalam bentuk animasi tulisan. Coretan itu pun bisa ditambahkan efek seperti blink-blink dan semacamnya. Hasilnya berupa animasi GIF yang kemudian bisa di share kemana saja misalnya WhatsApp atau Messenger.

note-8-live

3. App Pairing

Keuntungan pakai phablet macam Note 8 adalah layarnya yang super lega. Menurut Samsung, mayoritas pengguna Note pasti melakukan multi-tasking entah itu browsing sambil baca twit, atau Facebook-an sambil Youtube-an. App Pairing ini sebenarnya sebuah shortcut yang memudahkan kita untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam mode Split Screen tanpa harus mengeksekusinya satu-satu. Hemat waktu jadinya.

note-8-app

4. IP68 Water Resistant

Masih lanjut soal S-Pen, seperti Note 7 tahun lalu, S-Pen ini (dan Note 8) sudah sertifikasi IP68, yang artinya tahan air di kedalaman hingga 1.5 meter dan 30 menit.

5. 6GB RAM

Mungkin yang ini tidak terlalu mengejutkan karena smartphone lain terutama tahun ini rata-rata punya RAM sebesar 6GB. Tapi tetap saja, dengan kapasitas RAM yang besar, multitasking terutama untuk mendukung fitur App Pairing tadi diatas, menjadi lebih enteng.

6. Samsung Dex

Dan ngomongin soal RAM besar, salah satu fitur yang membutuhkan tenaga mumpuni adalah Samsung Dex. Pertama kali dikenalkan di S8, dimana kita bisa ‘menyulap’ smartphone jadi komputer desktop dengan docking khusus. Perbedaannya, Dex versi baru ini lebih canggih, dan disebutkan bahwa total aplikasi yang bisa digunakan dalam mode desktop adalah 36 naik dari 25 pada Galaxy S8.

SIMAK JUGA >  Kamera Smartphone 48MP : Tipuan? Gimmick?

note-8-dex

7. Infinity Display

Yap, lagi-lagi soal inovasi. Fitur yang satu ini sampai sekarang masih gw kagumi. Sejak Galaxy S8, layar bezel super tipis yang disebut Infinity Display ini memang menyita perhatian. Di Note 8, Samsung bahkan memperbesarnya lagi jadi 6,3 inci dengan resolusi QHD+ (2960×1440) dan tentunya Super AMOLED.

note-8-layar

8. Gigabit LTE dan Bluetooth 5.0

Antara penting dan nggak penting, tapi soal konektivitas, Galaxy Note 8  sudah future proof dengan dukungan koneksi super cepat yang gw rasa dalam beberapa tahun kedepan baru bisa dinikmati secara mainstream. BT versi 5 disebut-sebut meningkatkan jangkauan serta kecepatan transfer data, sementara Gigabit LTE, seperti namanya kecepatan jaringan LTE hingga 1 Gbps.

 

Oke, itu lah 8 poin, fitur keren dari Galaxy Note 8. Terlepas dari harganya yang MAHAL, (seriously, smartphone/phablet ini mahal 😮 ) Galaxy Note 8 memang punya daya tarik yang, well cuma seri Note yang bisa. Katanya sih, once you go Note, you can’t go back 😛

Terakhir, ini ada infografis singkat dan padat buat Galaxy Note 8.

galaxy-note8_spek
source : okdiario.com