Serupa Tapi Tak Sama : ASUS Zenfone Max Pro M1 vs Xiaomi Redmi Note 5

Featured

Meski sudah beberapa bulan sejak peluncurannya, kedua smartphone yang masih agak ghoib ini tetap bersaing ketat. Selain karena ketersediaannya, harganya pun naik jauh. Dan, sesuai judul artikel ini, yang gw adu kali ini adalah varian RAM 4GB dan Storage 64GB. Jadi, mari kita mulai.

Secara resmi, kedua smartphone ini dibanderol dengan harga dibawah 3juta. Tepatnya 2,899 untuk Zenfone Max Pro M1 dan 2,999 untuk Redmi Note 5. Keduanya untuk varian 4/64. Tapi kenyataannya, di pasaran terutama lapak online, keduanya dengan mudah menembus level 3 juta.

Sebenarnya adu perbandingan kedua smartphone ini sudah banyak sekali tapi karena gw penasaran, gw pengen tes sendiri, terutama soal performanya. Dengan spesifikasi utama yang sama di atas kertas, yang manakah yang lebih kencang.

Sebelum kita ke benchmark, mari kita cek spesifikasinya. Kedua smartphone ini sama-sama diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 636. Salah satu SoC kelas menengah yang mulai populer dan sepertinya menggeser Snapdragon 625.

Dari sisi storage pun sama, karena sama-sama menggunakan RAM 4GB serta Internal Storage 64GB dan tentunya sama-sama bisa diekspansi dengan MicroSD.

Jadi tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita ke hasil uji kinerjanya. Pertama menggunakan Antutu 7.0.9.

Disini terlihat kalau keduanya punya kinerja yang kurang lebih sama, dengan Zenfone Max Pro M1 unggul beberapa poin.

 

Lalu berikutnya untuk Geekbench 4, Zenfone Max Pro M1 masih terlihat lebih unggul walaupun hanya beberapa poin.

 

Terakhir yang sebenarnya antara penting nggak penting yaitu kecepatan internal storagenya. Terlihat disini bahwa Zenfone Max Pro M1 lebih gegas soal storage terutama kecepatan baca nya (Read) yang selisihnya lebih dari 50MB/s dibandingkan Redmi Note 5. Sementara kecepatan tulisnya tidak terlalu jauh bedanya, begitu juga dengan kecepatan RAM walaupun entah kenapa MIUI 9.5 pada Redmi Note 5 sedikit lebih irit memori sistem (free RAM) ketimbang Android polosan milik Zenfone Max Pro M1.

SIMAK JUGA >  [Long Term Review] ASUS Zenfone 5 : Sekarang dengan Android Pie

Oke, semua uji diatas teknis diatas sebenarnya menunjukkan bahwa pengguna kedua smartphone ini bakal dapat pengalaman yang baik dari sisi kinerja. Tapi itu untuk kinerja, faktor lain yang menyumbang untuk pengalaman pengguna adalah baterai.

Nah disinilah Zenfone Max Pro M1 lebih unggul. Kapasitas baterainya yang lebih besar, 5000 mAh vs 4000 mAh, mampu menyediakan tenaga lebih untuk smartphone bertahan lebih lama baik itu dari sisi penggunaan biasa (daily) ataupun penggunaan intens macam bermain game.

Meskipun sama-sama sudah pasti bisa bertahan seharian (relatif), tetapi Zenfone Max Pro M1 masih bisa ‘bernapas’ lebih panjang berkat baterainya yang lebih besar.

Jadi, apa kesimpulan dari uji singkat perbandingan kinerja antara kedua smartphone ini?

Pertama, yang pasti, yang manapun yang dipilih, penggunanya sudah pasti akan puas dengan performa baik dari Zenfone Max Pro M1 atau Redmi Note 5. Hal ini karena kinerja keduanya untuk spesifikasi yang sama (4/64) adalah serupa. Ingat, ini berbicara soal kinerja. Tentunya masih ada faktor lain yang jadi poin pertimbangan ketika memilih smartphone. Baterai, kamera, sistem antarmuka alias UI, bahkan sampai desain bisa jadi faktor penentu.

Oh iya ada satu lagi, yaitu harga. Dengan harga yang sedikit lebih murah, ASUS Zenfone Max Pro M1 tentu lebih menggoda, tapi terbentur soal ketersediaan, sementara Xiaomi Redmi Note 5 terkadang lebih mudah ditemui barangnya. Jadi pilih yang mana? Selamat memilih 😀

 


Karuna

Karuna

A Tech and Gadget 'opreker', Full time internet surfer, WWE fan since '99, and big fan of Japanese pop culture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *