Sejak kembalinya AMD dengan prosesor Ryzen, banyak yang penasaran dengan wujud APU yang berbasiskan core Zen tersebut. Semakin menjadi-jadi karena berdasarkan peta produknya, APU Ryzen diluncurkan sekitar pergantian tahun. Dan memang benar, di bulan ini, produk tersebut mulai banyak bermunculan. Seperti apa?

Apa sih yang istimewa dari APU Ryzen ini? Sama seperti konsep APU yang sudah ada selama ini, AMD menggabungkan CPU dan GPU ke dalam satu package sehingga tentu saja, nilai valuenya cukup tinggi. Nilai value yang tinggi ini lah yang banyak ditunggu karena core yang digabungkan adalah Zen CPU dan Vega GPU. Dua unit komputasi termutakhir dan tercanggih milik AMD saat ini.

Seperti yang sudah-sudah juga, AMD biasanya meluncurkan varian untuk mobile terlebih dahulu baru desktop. Berikut ini lineup APU Ryzen Mobile

Ryzen-APU-2
sumber : Anandtech

Di Indonesia sendiri, produk pertama dengan lineup Ryzen APU Mobile ini adalah keluaran dari Acer. Adalah Acer Swift 3, menghadirkan jajaran varian Ryzen Mobile 5 dan 7 yang di kombinasikan dengan RAM 8GB DDR4.

Besar layar 15.6 inci Full-HD serta kombinasi storage SSD+HDD, Acer membanderol Swift 3 ini Rp9.599.000 dan Rp12.499.000 masing-masing untuk Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U.

Berikutnya yang juga (sangat) menarik adalah Ryzen APU Desktop.

Dengan varian Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G, kedua APU ini menyelip diantara Ryzen 3 dan Ryzen 5 yang sudah ada. Menariknya lagi, tetap menggunakan socket yang sama (AM4) jadi bisa dibilang semua Motherboard Ryzen yang ada saat ini bisa menggunakan APU Ryzen berbekal update BIOS.

Ryzen-APU-3

Yang menariknya, banderol harga yang ditawarkan benar-benar ‘sweet spot’.

Ryzen-APU-4

Benchmark yang sudah dilakukan oleh banyak situs ternama, menunjukkan bahwa pada beberapa kesempatan Ryzen APU ini bisa mengalahkan Ryzen ‘klasik’ di harga yang sama.

SIMAK JUGA >  [Uji] Sekencang Apa Charger 27W Untuk Smartphone?

sumber : HotHardware
sumber : HotHardware

Lalu untuk performa gamingnya? Terutama dengan GPU Vega Onboardnya. Well, sangat menarik terutama untuk kelas entry level. Setidaknya beberapa judul game populer, e-sports masih bisa dimainkan dengan lancar di resolusi Full-HD.

Ryzen-APU-7

Ryzen-APU-8

Setelah ‘mencerna’ banyak bahasan soal Ryzen APU ini, gw sih yakin, sejauh ini, inilah solusi entry level gaming all-in-one yang paling menarik. Keseimbangan kinerja antara CPU dan GPU yang dihadirkan terasa pas, tidak berat sebelah seperti yang kita ketahui pada APU generasi sebelumnya.

Sayangnya untuk APU Ryzen Desktop ini masih menunggu launchingnya di Indonesia, harusnya sih segera dalam waktu dekat ini. Jadi buat yang lagi mau upgrade PC tapi budget mepet, AMD Ryzen APU ini sangat bisa dilirik.