Featured

ASUS ROG PHONE II : Menutup Tahun Dengan Sempurna

Setelah penantian lama, akhirnya ASUS ROG Phone II hadir di Indonesia, patutkah ditunggu?

Sebagaimana yang kita ketahui, smartphone gaming super yang satu ini pertama kali di umumkan pada bulan Juli 2019. Euforia smartphone gaming ini juga sampai ke Indonesia, dan akhirnya setelah kurang lebih 6 bulan, ROG Phone II resmi hadir di Indonesia.

Sehebat apa sih generasi kedua dari ROG Phone ini sampai-sampai pada penjualan perdananya pada ngantri panjang semalaman? Mari kita simak

Super Ngebut

Menyandang nama ROG, tentu ASUS meracik smartphone yang satu ini tidak main-main. Menargetkan menjadi yang terbaik di ranah smartphone gaming, ROG Phone II bahkan menggunakan komponen spesial. SoC Qualcomm Snapdragon 855 Plus dipercaya menjadi penggerak utama smartphone ini. Bahkan ROG Phone II merupakan smartphone pertama yang menggunakan SoC ngebut ini. Snapdragon 855 Plus punya performa lebih tinggi dari 855 polos. Dari sisi CPU memang cuma ‘sedikit’ lebih cepat, tapi peningkatan kemampuan grafis hingga 15% membuktikan bahwa SoC ini memang ditujukan buat smartphone gaming.

Selain SoC yang kencang, ROG Phone II juga dibekali kapasitas RAM dan Internal Storage yang besar, tersedia hingga 12GB RAM dan 512GB Internal Storage. Berhubung game sekarang ukurannya mulai besar-besar, kapasitas penyimpanan internal yang lega ini bikin puas untuk menyimpan game beserta data lain seperti foto, video dan musik.

Layar Istimewa

Karena memang spesial, ROG Phone II pakai layar yang tidak umum dan istimewa. Selain panelnya AMOLED, panel layar smartphone ini punya refresh rate 120hz dan response time 1ms. Artinya ngegame di smartphone ini akan sangat mulus karena pergerakan di layar jauh lebih mulus dibanding layar umumnya yang punya refresh rate 60hz. Memang, belum banyak game yang support refresh rate setinggi ini, tapi kedepannya bakalan mulai banyak game yang support frame rate lebih dari 60fps yang menjadikan gaming di ROG Phone II jauh lebih nikmat. Kerennya lagi, refresh rate di layar ini bisa dipilih, mau 60, 90 atau full mentok 120hz.

Selain ngebut buat gaming, layar atau lebih tepatnya display di ROG Phone II juga di rancang untuk menampilkan tampilan yang maksimal terutama soal akurasi warna (10-bit, HDR, 111.8% DCI-P3), jadi ketika capek main game, nonton video di smartphone juga enak. Dan yang penting, secara pribadi, layarnya penuh tanpa gangguan notch, bolong atau apapun yang menggangu tampilan dan penampilan.

Baterai dan daya

SIMAK JUGA >  ASUS ZenFone 5 (2018) resmi diumumkan dengan tampang ala iPhone X

Untuk menunjang gaming tentu baterai jadi salah satu fokus juga. ROG Phone II dibekali baterai sebesar 6000mAh dan mendukung Quick Charge 4 dengan daya 30W. Menariknya lagi, ROG Phone II mendukung reverse charging, yang artinya baterai jumbo tersebut bisa jadi powerbank darurat.

Fitur Ekstra

Secara spesifikasi mungkin orang akan bilang bahwa ROG Phone II mirip dengan smartphone kelas flagship lainnya, bahkan dengan milik ASUS sendiri, Zenfone 6. Tapi bukan smartphone gaming namanya kalau fitur ekstra lainnya memberikan pengalaman yang beda dan eksklusif.

Yang pertama adalah desain, dari awal kita belum bahas desainnya yang keren terutama bodi belakangnya yang punya strip hologram yang tentunya ditemani logo ROG. Seperti biasa, logo ROG ini bisa menyala dengan dukungan full RGB yang bisa diatur melalui aplikasi.

Berikutnya adalah AirTrigger II, pertama kali dikenalkan di ROG Phone generasi pertama, di versi kedua ini lebih disempurnakan. Fitur ini adalah tombol ‘virtual’ yang posisinya berada di sisi atas bodi ketika gaming. Jadi secara tidak langsung kita akan mendapatkan tombol tambahan ketika bermain game.

Yang penting juga adalah Dual Stereo Speakers plus DTS:X Ultra Virtual Surrounding Sound yang bisa menghasilkan suara terbaik ketika gaming ataupun menikmati konten multimedia lainnya. Kenapa terbaik? Karena kedua speakernya berada di kedua sisi dan menghadap ke pengguna, jadi keluaran suaranya maksimal.

Aksesoris Gaming

Seperti seri pertamanya, ROG Phone II juga datang dengan sejumlah aksesoris gaming yang terbilang luar biasa. Seperti yang sudah diberitakan, paket lengkap gaming ROG Phone II ini punya banderol harga hingga 21 juta rupiah. Mari kita lihat apa saja sih fitur ekstra yang dihadirkan selain smartphonenya sendiri.

  • Aeroactive Cooler II

Salah satu aksesoris bawaan yang disertakan yang berguna untuk memastikan sesi gaming bisa berlangsung lama karena smartphone suhunya tetap terjaga.

  • Aero Case

Bumper case bawaan yang cukup keren dan unik

  • Kunai Gamepad

Untuk menambah kenikmatan bermain game, aksesoris ini termasuk wajib. ROG Kunai Gamepad ini sangat menarik, karena punya beberapa model penggunaan. Bisa di mount di sisi smartphone dengan case khususnya, atau bisa berupa gamepad terpisah atau bahkan kalau ingin bermain misalnya dari layar besar dengan bantuan aksesoris yang lain.

  • Mobile Desktop Dock

Ini adalah aksesoris yang berguna ketika ingin bermain game di layar yang lebih besar. Selain output HDMI, dock ini juga punya Display port dengan resolusi output 4K. Selain itu ada 4 port USB 3.1, Gigabit LAN, Mic input, S/PDIF output serta USB Type C untuk power. Dengan dock ini, ROG Phone II bisa berubah jadi mesin gaming layaknya konsol.

SIMAK JUGA >  [Trik] Hi-Res Audio di Zenfone 3 : bypass Audio Wizard

  • TwinView Dock II

Tak cukup bermain dengan satu layar? Tambahkan layar satu lagi yang sama hebatnya. TwinView Dock II ini juga punya layar 120hz/1ms dan ekstra baterai 5000mAh untuk tambahan daya tahan ketika bermain game.

Masih ada lagi aksesoris lainnya seperti WiGiG Display Dock, Lightning Armor Case dan tentunya koper eksklusif ROG Phone II.

Tidak Cuma Gaming

Meskipun menyandang nama ROG, ROG Phone II tetaplah sebuah smartphone, dan gamer pun tidak melulu bermain game. Sebagai smartphone, fitur yang tadi sepertinya buat gaming ternyata akan berguna di keseharian non gaming. Salah satunya adalah baterai jumbo yang sudah pasti bisa bertahan lebih lama untuk berinteraksi dan komunikasi. Tak lupa juga, smartphone ini juga punya kamera dengan spesifikasi cukup mumpuni.

Kamera di ROG Phone II menggunakan setup dua kamera, dengan sensor utama sebesar 48MP dan sensor sekunder 13MP dengan lensa ultra-wide. Setup kamera ini sama dengan yang dimiliki Zenfone 6. Sementara di depan ada kamera 24MP untuk selfie, vlog atau bahkan game streaming.

Mobile Gaming Terbaik?

Tahun ini ASUS secara resmi hanya menghadirkan 2 smartphone mereka di Indonesia dan nampaknya memang sengaja baru diluncurkan senjata pamungkas dalam wujud ROG Phone II. Lantas apa bedanya dengan smartphone flagship? Tidak salah memang, kalau smartphone flagship seperti Zenfone 6 pun memilki spesifikasi tinggi dan bisa diajak bermain game. Tapi pengalaman bermain game sesungguhnya hanya bisa didapatkan di ROG Phone.

Dengan banyaknya fasilitas serta fitur yang dihadirkan ROG Phone II ini wajar rasanya kalau smartphone ini dijuluki #HapenyaSultan. Memang, harga yang ditebus memang cukup wah, tapi apa yang didapatkan rasanya sepadan terutama bagi yang tidak mau kompromi untuk smartphone gamingnya. #WeOwnTheGame

Spesifikasi

ASUS ROG PHONE II
SoC Snapdragon 855+
CPU 1x Kryo 485 (Cortex-A76) @ 2.96GHz
3x Kryo 485 (Cortex-A76) @ 2.42GHz
4x Kryo 485 (Cortex-A55) @ 1.80GHz
GPU Adreno 640 @ 675MHz
RAM/Storage Internal 8GB / 128GB atau 12GB / 512GB
Layar 6.59″ AMOLED
2340 x 1080 (19.5:9)
120 Hz
Kamera utama / depan 48 MP + 13 MP / 24 MP
Baterai 6000 mAh
OS Android 9.0
Dimensi 170.99 x 77.6 x 9.48 mm
Bobot 240 gram

Info lebih lanjut silakan kunjungi web resmi ASUS Indonesia disini