Sekitar tujuh tahun yang lalu, gw pertama kali kenalan dengan VivoBook dan meninggalkan kesan menggoda yang mendalam. Selanjutnya?

Masih jelas di ingatan gw, kala itu, lineup VivoBook merupakan jajaran terbaru dari laptop ASUS yang menghadirkan solusi lebih terjangkau tapi dengan desain dan spesifikasi yang mumpuni. Saat itu juga, dunia laptop ramai dengan kategori baru yakni Ultrabook, sebuah laptop yang mengedepankan portabilitas. ASUS sendiri sudah punya jajaran ZenBook yang berada di kelas premium.

Ketika Ultrabook mulai masuk kelas mainstream alias turun harga, ASUS dengan agresifnya menggempur pasar Ultrabook murah dengan Vivobook. Laptop ringkas yang menawarkan portabilitas tinggi tapi dengan harga yang jauh lebih rendah. Siapa yang tidak tertarik? Termasuk gw 😛

Tujuh tahun kemudian, di 2019, ASUS meluncurkan VivoBook generasi terbarunya. Beda? Tentu saja. Tapi semakin gw simak dan teliti VivoBook yang baru ini, gw semakin paham kenapa ada pepatah mengatakan the more things change, the more they stay the same. Maksudnya?

Begini, tadi diatas, gw sebutkan bahwa VivoBook merupakan jajaran laptop ringkas? Nah VivoBook baru yang punya nama lengkap VivoBook Ultra A412DA juga masih dengan pakem tersebut dan bahkan membawanya ke level yang lebih tinggi. Kenapa? Karena VivoBook Ultra A412DA ini merupakan laptop yang paling ringkas di kelasnya di dunia.

Yap, untuk kelas laptop 14 inci, A412DA jauh lebih ringkas dan kompak. Itu lho, karena pakai desain NanoEdge, jadi bezel layarnya tipis banget, 5,7mm aja, jadi total rasio layar dengan bodi nya tinggi, 87%. Ini juga yang bikin A412DA serasa laptop 13 inci padahal layarnya 14 inci. Bobotnya juga cuma sekitar 1.5kg, lebih ringan dari mayoritas notebook yang berada di kisaran 2kg.

Bagusnya lagi, sekarang VivoBook punya banyak pilihan warna, jadi nggak melulu warna ‘standar’ laptop yang ujung-ujungnya di-stiker-in alias di kasih skin kalau pengen berwarna 😛

Tampang VivoBook ini juga lah yang bikin gw sempat beberapa kali ditanyain “laptop apa tuh? kok bagus?” “laptopnya kecil banget, enah yah” dan sebagainya. 😀 Yah wajar aja sih, waktu dulu, laptop ringkas berdesain cakep masih termasuk jarang, paling-paling saingannya ZenBook atau malah ROG yang tentu saja tidak kompak/ringkas (waktu itu).

SIMAK JUGA >  Laptop Seharga Mobil? ASUS Menggila di Event Unstoppable

Sekarang, setelah mendapat modernisasi dari sisi desain/tampang, spesifikasi dalamannya pun tentu diupgrade sesuai dengan eranya. Seperti apa spesifikasinya?

Oke, pertama dan paling utama yang buat gw senang secara pribadi adalah VivoBook A412DA ini pakai AMD Ryzen seri 3000. Jadi tersedia pilihan varian mau pakai AMD Ryzen 3 atau Ryzen 5 seri 3000. Sebagai pengguna lama AMD dan mungkin juga bisa disebut sebagai fanboy si merah, ini kabar istimewa 😀 ssstt…. AMD Ryzen seri 3000 ini bikin Intel kelabakan di level harga yang sama wkwkwk….

Sekilas info aja, AMD Ryzen seri 3000 pada laptop ini selain punya prosesor yang kencang, integrated GPU atau kartu grafisnya juga bisa diandalkan (Radeon Vega 8 Graphics). Jadi nggak cuma buat kerja standar ketak ketik aja, mau editing video atau kalau mau main Dota 2, CS:GO atau bahkan PUBG juga masih sanggup di gaskeun.

Memori sistem alias RAM pun termasuk lega hingga 8GB DDR4. ASUS juga menyiapkan storage sebesar 1TB di VivoBook ini untuk menampung semua keperluan mulai dari data kerjaan sampai data hiburan. Spesifikasi teknis lengkapnya nanti bisa disimak di tabel di bawah.

Salah satu hal yang tetap dipertahankan ASUS di seri VivoBook, Touchpad lega dan responsif. Selain itu, keyboardnya juga dirancang lebih ergonomis dan kokoh membuat jadi betah kalau harus ngetik artikel panjang di VivoBook. Oh iya, tak lupa standar desain Ergolift juga jadi bagian dari VivoBook A412DA.

Ergolift itu, desain engsel laptop yang kalau pada posisi digunakan, akan mengangkat area keyboard sebanyak 2 derajat lebih tinggi. Sudut kemiringan keyboard ini memberikan kenyamanan lebih dalam penggunaannya.

Karena pengalaman terbaik laptop nggak melulu soal hardware, maka VivoBook A412DA hadir dengan Windows 10 Original seperti laptop-laptop ASUS lainnya. Udah nggak perlu pusing nyari sistem operasi lagi ke tempat-tempat itu *ehem*. 

Kalau diperhatikan, ada fingerprint di laptop ini yang ditempatkan di ujung touchpad. Nah fungsinya adalah untuk fitur Windows Hello, proses autentikasi yang lebih simpel dan cepat ketimbang harus ngetik password kayak dulu. Mirip kayak smartphone lah. Mantul kan 😀

SIMAK JUGA >  Notebook Premium Ringan Dijinjing dan Di Kantong? Ada!

 

Faktor terakhir yang nggak boleh dilupakan adalah soal baterai alias batre. VivoBook A412DA punya baterai berkapasitas 37Wh yang mampu bertahan hingga 6 jam penggunaan normal dan hebatnya lagi, punya fitur fast charging kayak smartphone. Dari keadaan kosong, dalam 49 menit baterai akan terisi sebanyak 60 persen. Mantap.


Rasanya dengan segala perubahan yang terjadi di seri VivoBook ini cukup untuk membuat gw merasa kalau line-up ini memang sudah evolve atau berevolusi. Tidak hanya dengan penampilan yang makin ciamik, tapi performa yang dihadirkannya pun lebih dari sekadar ‘good enough’. Impresif malah menurut gw di kelasnya.

Di kepala gw, VivoBook itu laptop yang ringkas dan lebih terjangkau, jadi apakah tujuh tahun kemudian gw merasakan hal yang sama? Iya. Lantas, tergoda dengan VivoBook lagi? Yah mungkin ini saatnya untuk #2019GantiLaptop

 

Spesifikasi 

ASUS VivoBook A412DA
CPU AMD Ryzen™ 3 3200U
AMD Ryzen™ 5 3500U
OS Windows 10 Home
Memory (RAM) 8GB DDR4 2400MHz SO-DIMM socket up to 12GB
Storage 1TB 5400RPM SATA HDD
Display 14” Full HD 1920x1080p 16:9, anti-glare, 45% NTSC
Graphics Integrated AMD Radeon Vega Graphics
Input/Output 1x Type-C USB3.1 port, 1x USB 3.0, 1x USB 2.0, 1x audio combo jack, 1x HDMI, 1x MicroSD Reader
Kamera HD Web Camera
Konektivitas Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound, Array microphone
Baterai 37 Wh Battery
Dimensi 322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT)
Bobot 1.5 kg
Warna Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush
Harga Mulai dari Rp 6.599.000
Garansi 2 tahun garansi global