Oke, langsung aja, yang namanya perangkat komputer apalagi buat gaming sudah hampir pasti identik dengan mahal. Ini karena komponennya harus yang mumpuni kalo ngga ya bakalan ngga nyaman buat dipake gaming. Dan hal ini semakin “parah” begitu masuk ke konteks Mobile. Mobile Gaming Computer = MAHAL. Really?

Sejak diluncurkannya APU oleh AMD beberapa tahun lalu, gw langsung mikir, wah ini bisa jadi solusi yang pas nih buat budget gaming terutama karena kinerja integrated graphic-nya yang oke punya. Bener aja, semakin kesini, dengan semakin canggihnya APU ini, gaming murmer (murah meriah) semakin memungkinkan. Malahan hal ini melebihi ekspektasi gw, performa APU ini mantap bener terutama di harganya. Jadi deh ini Murah, Meriah dan Mantap.

Sekilas info, APU itu adalah Accelerated Processing Unit yang menggabungkan kinerja antara CPU dan GPU dalam satu package yang biasa kita sebut prosessor. Dan karena unit CPU dan GPU nya ini bisa bekerja bersama (tolong menolong 😛 ) tentu bisa menghadirkan kinerja yang lebih baik dengan catatan, aplikasinya “kenal” semua unit di dalam APU ini.

Balik lagi ke perangkatnya, gw jadi liat-liat kira-kira kalo notebook apa yah yang pake APU yang juga mantap buat gaming. Ngga harus LUAR BIASA sih, at least ngasih performa berimbang dengan harga. Akhirnya gw nyasar ke ASUS (lagi) dengan seri X550ZE dengan APU AMD FX-7600P. Sebenernya pengen ROG sih, tapi euuhhh….. (baca : mahal 😛 )

ASUS X550ZE Full

AMD FX-7600P ini merupakan APU kelas atas yang punya 12 Compute Cores (4 CPU + 8 GPU), sekali lagi kalo bingung, silakan googling yah 😀 Kecepatannya pun tergolong tinggi, 2.7Ghz normal clock dan up to 3.6Ghz Turbo. GPU alias kartu grafis yang ada di prosesornya itu sendiri punya 8 unit Compute Cores yang terdiri dari Shader Cores sebanyak 512 yang sebenarnya sudah cukup untuk menjalankan banyak game dengan lancar.

SIMAK JUGA >  iPhone 3GS di 2019 : Jelajah Satu Dekade

Berhubung gw ngga mau membahas sisi teknisnya terlalu banyak, lanjut deh ke laptopnya. Asus X550ZE dilengkapi dengan RAM DDR3 sebesar 4GB yang mendukung hingga 16GB (2 x 8GB) pengen gw mentokin di 16GB sih biar joss. Dan ia juga punya GPU terpisah Radeon R5 M230 dengan VRAM 2GB yang bisa “bergabung” dengan GPU yang ada di dalam APU nya. Inilah yang disebut Radeon Dual-Graphics. Jadi secara keseluruhan, X550ZE ini punya tenaga yang sangat cukup untuk gaming kelas 3M.

Gara-gara ngeriset soal tipe-tipe laptop, gw jadi sedikit hapal sama seri/varian Asus. Dan pas liat seri X550ZE, gw langsung bisa nebak kalo laptop ini punya layar 15 inci. Benar euy, X550ZE punya layar tepatnya 15.6 inci dengan resolusi 1366×768. Sejujurnya gw agak kurang sreg ama layar segini buat laptop, terbiasa dengan layar under 14″. Tapi kalo pengen buat gaming, layarnya gedean gapapa kali yah. Plus kalo pengen nonton film juga agak enakan layar agak besar.

Efek ekstra dari layar gede ini tadi, keyboardnya juga jadi ekstra. Iya, ada ekstra numpadnya, walaupun ga kepake banget, tapi sesekali kepake lah itu numpad, buat ngetik angka jd lebih gesit.

X550ZE Keyboard

Kalo visual udah, berikutnya audio donk biar lengkap. Yah seperti biasa, trademark nya Asus uda pasti hadir. SonicMaster. Sepengalaman gw dengan SonicMaster, suara yang dihasilkan memang diatas rata-rata terutama buat speaker onboardnya. Tapi ya tentu saja, kalo gaming atau nonton serius, uda pasti gw colok headphone atau speaker external sendiri. Hahaha….

Terakhir, pas gw cek, ternyata laptop ini punya tebal 1 inci dan berat 2.2 kg. Not bad sih, ngga ringan juga, tapi untuk laptop 15 inci, standar lah. Oh hampir lupa, yang paling penting, garansinya berlaku Global selama 2 tahun full termasuk biaya service atau ganti komponen kalo misalnya ada yang rusak. Gila juga sih kalo dipikir-pikir. Ah kalo gini, berangkatlah kita ke toko 😛

SIMAK JUGA >  5 Daya Tarik Keluarga Xiaomi Redmi 5 (Plus/Note)

Spesifikasi lengkapnya nih

X550ZE-Specifications