Selamat tahun baru!! yak, memasuki 2016 gw berharap semuanya bakalan lebih seru dari tahun kemarin. Kata orang, tahun baru membuka lembaran baru, entah apalagi deh pokoknya serba baru. Nah kebetulan gw juga “accidentally” punya barang baru.

Sebenarnya ga disengaja sih ini kena-nya pas tahun baru, makanya gw bilang accidentally. Jadi cerita punya cerita, bulan kemarin gw nyari modem USB tepatnya yg udah support 4G. Yah seperti yang kita ketahui bersama, negara tercinta ini akhirnya secara resmi memulai era 4G/LTE.

Jadi setelah riset cukup lama, gw memutuskan untuk meminang salah satu modem yaitu Huawei E3372. Tapi kenapa baru sekarang? karena pas gw mau beli uda keburu deket akhir tahun yang sebagaimana kita ketahui bersama juga, kalo berurusan sama ekspedisi di akhir tahun adalah ide buruk.

huawei-e3372-4g-lte-cat4-usb-modem-black-1

Nah, Huawei E3372 ini modem 4G/LTE gw ketiga. lhaaa… ngapain beli lagi kalo uda punya? Itu dia masalahnya atau lebih tepatnya akan gw jelaskan kenapa. Huawei E3372 ini modem 4G yang bisa bekerja pada frekuensi FDD 1800 Mhz yang sebagaimana kita ketahui lagi bahwa itu merupakan frekuensi LTE hampir semua operator di Indonesia ini.

Modem 4G gw sebelumnya cuma support TDD 2300 Mhz yang sampai tulisan ini gw ketik, digunakan oleh Bolt! dan Smartfren yah walaupun sebenarnya Smartfren ada juga di frekuensi FDD 850 Mhz. Balik lagi soal E3372 tadi, intinya dia support banyak frekuensi atau biasa disebut Band LTE kecuali TDD 2300 dan 2600. Lumayan lah buat investasi kalo ntar 4G di negara ini sudah merambah juga ke Band 1 2100 Mhz. Soal Band LTE ini googling aja yah, penjelasannya panjang dan lebar agak tinggi juga.

SIMAK JUGA >  Zenfone 2 : What a difference a year makes

Muncul pertanyaan, kenapa ga beli yg langsung bisa semua frekuensi aja sih? Ada emank yg support semua frekuensi khususnya untuk LTE. Sayangnya kudu ngimpor sendiri alias beli dari luar which is menurut hemat saya jadi ga hemat 😛

DSC_0770

Daaaannn… dengan hadirnya Huawei E3372 itu tadi maka dengan ini gw resmi punya 7 Modem USB, mulai dari yang cuma support HSDPA 7.2mbps sampe yg LTE Cat 4 ditambah 2 modem CDMA Rev.A dan Rev.B masing-masing sebiji 😀 dan 4 diantaranya adalah Huawei (bukan promosi).

Walaupun pada akhirnya gw paling banter pake 2 modem atau 3 lah kalo maksa banget, tapi gw bisa milih lah setidaknya untuk saat ini mau pake modem yg mana untuk opsel yang mana. Jadi, gw ini bukan kebanyakan modem, tapi punya banyak modem untuk berbagai kebutuhan 😛