Topik ini udah basi sih, cuma beberapa hari yang lalu muncul lagi dan masih salah. Ternyata masih banyak yang salah ngerti soal perbedaan antara layar LCD dan LED. Dengar penjelasannya, gw tertawa aja, antara kesel dan kasian. Jadi sebenarnya apa sih bedanya? Simak disini. 

Sedikit cerita, ini dari teman gw sih (sebut saja Mr.X) yang ikut training basic IT dan kemudian menjelaskan soal perbedaan display LCD dan LED. Berikut quote dari sang pengajar :

“kalo lcd layarnya ditekan bereaksi, kalo led nggak”

Dapat penjelasan kayak gini, wajar kalo teman gw, yg notabene juga opreker hardware/komponen jadi puyeng plus emosi. Ini cuma contoh kecil, gw pribadi juga kadang masih sering dengar orang salah kaprah tentang hal ini misalnya, “LED itu lebih baru, lebih canggih dari LCD”. Ada benarnya, tapi pemahamannya salah.

Oke, mari kita bedah satu-satu.

Pertama, layar LCD dan LED itu adalah layar yang SAMA, bedanya ada di teknik pencahayaannya, disebut LED karena layar tersebut pake lampu LED biar “nyala”. Sementara LCD, masih menggunakan lampu CCFL, kalo bingung, lampu CCFL itu sejenis lampu TL yg panjang itu kalo di rumah-rumah.

backlighting-comparison-625x1000

Lalu kenapa membingungkan? Karena MARKETING. Kalo gw liat, orang mulai salah ngerti gara-gara ada label produk TV LED, yang lebih tipis, lebih modern dibanding TV layar datar sebelumnya alias TV LCD (bukan TV tabung ya, soalnya ada juga TV CRT yg kacanya flat = layar datar).

lcd-vs-led-monitors

Seperti yang terlihat di gambar, karena LED tidak membutuhkan ruang banyak sebagai “lampu” dari panel LCD nya, makanya rata-rata produk LED lebih tipis. Terus soal yang dipencet bereaksi di atas tadi gimana? Nah, sekarang ini, rata-rata produsen layar/display menggunakan HARD PANEL alias lapisan kaca yang lebih tangguh untuk melindungi panel di dalamnya jadi lebih awet.

SIMAK JUGA >  Kamera Smartphone 48MP : Tipuan? Gimmick?

Jadi secara umum, beda antara LCD dan LED adalah di teknik pencahayaan layarnya. Sekarang ini juga semua displai menggunakan LED sebagai sumber cahayanya karena lebih aman (CCFL mengandung bahan beracun terutama kalau pecah). Karena itu jg sebenarnya sudah jarang orang mempermasalahkan perbedaan ini. Lain soal kalau ditanya apa bedanya TN, IPS dan OLED. Itu bahasannya di panel utamanya, bukan di “lampu” nya lagi.

Nah lain kali deh gw coba bahas yang itu, tunggu ada komen nyeleneh dan ngeselin dulu baru gw lempar sandal 😛 .