Belum lama ini, Nintendo merilis Switch Lite, versi lebih ‘ringan’ dari Nintendo Switch. Tapi kenapa Nintendo merilis varian ini?

Di tengah serbuan mobile gaming, konsol handheld seperti Switch tetap laris bak kacang goreng. Kenapa? tentu karena faktor kenyamanan dan library game yang eksklusif jadi salah satu alasan. Sebagai pemain tunggal konsol handheld saat ini, tentu Nintendo ingin menghadirkan sesuatu yang baru untuk menggoda hati para gamer dan gabung ke ekosistem konsol unik ini.

Hadirlah Switch Lite, versi lebih ringan dari Nintendo Switch. Yap seperti yang sudah kita tau, Nintendo memangkas sejumlah fitur dari konsol tersebut sehingga disebut versi Lite. Nintendo melakukan ini karena nyatanya sebagian orang banyak yang menghabiskan waktu bermain konsol terutama handheld-nya di luar alias tidak duduk di depan TV.

Jadi bagi mereka yang memang lebih sering mobile, maka Switch Lite ini merupakan pilihan tepat, selain lebih ringan, ia juga lebih ringkas.

credit : Amy Kim

►Apa bedanya?◄

Yang pertama tentu saja size alias ukuran. Switch Lite punya layar 5.5-inci (touch screen) sementara Switch “original” layarnya 6.2-inci. Ini membuat dimensi fisik keseluruhan juga mengecil sehingga lebih enak dibawa-bawa. Sekali lagi, tujuannya adalah lebih portabel. Bonusnya adalah, Switch Lite disebut punya daya tahan baterai lebih baik, hingga 30% lebih awet dibandingkan Switch “original”.

IGN.com

Seperti yang terlihat di foto, Switch Lite merupakan satu kesatuan bodi yang artinya kontroler atau Joy-Con yang bisa dilepas ala Switch itu tidak dimungkinkan disini. Efeknya juga menghilangnya fitur rumble alias getar dan sensor infra merah yang kadang digunakan di game interaktif seperti 1-2 Switch. Tapi tenang saja, karena Joy-Con tetap kompatibel (dijual terpisah) di Switch Lite kalau tetap ingin main game tertentu tersebut.

SIMAK JUGA >  [Hands On] ASUS ROG Zephyrus GX501 : Tipis dan Sadis

Lalu apa spek-nya masih sama? Secara spesifikasi masih sama, masih dengan Nvidia Tegra dan 32GB memori internal plus slot micro-sd.

►Berapa harganya?◄

Poin lain dari diluncurkannya Switch Lite ini adalah lebih murah. Nah, konsol yang akan dijual perdana pada 20 September 2019 mendatang dibanderol dengan harga US$200 atau sekitar 3 jutaan rupiah. Lebih hemat sedikit kalau memang nggak butuh fitur dock atau jarang main di rumah.

Berikut perbandingan dengan Switch “original”

Original Switch Switch Lite
Harga $300 (4 jutaan) $200 (3 jutaan)
Layar 6.2 inches, 720p (touch) 5.5 inches, 720p (touch)
Controllers detachable Joy-Cons built-in, tanpa rumble/getar
TV out Ya Tidak
Battery life 2.5-6.5 jam 3-7 jam
Storage 32GB internal + microSD 32GB internal + microSD
Kickstand Ya Tidak
Dimensi 101mm x 238mm x 13.9mm 91.4mm x 208mm x 13.9mm
Berat 400 gram 277 gram

Jadi, berminat dengan Nintendo Switch yang tidak bisa switch ini? 😀