Tren smartphone layar penuh alias fullview akhirnya muncul juga di produk merek lokal. Kerennya lagi, smartphone buatan ‘asli’ Indonesia ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi buat yang punya budget cekak, ini beberapa smartphone fullview termurah, tentunya, produk Indonesia.

Layar fullview atau juga disebut layar fullscreen alias layar panjang memang pada akhirnya akan menjadi ‘standar’ smartphone jaman now. Setelah akhirnya turun kelas dari flagship ke midrange, sekarang sudah merambah kelas entry.

Melihat tren ini sudah tentu tinggal menunggu waktu aja merek lokal ikutan juga merilis smartphone dengan layar panjang tersebut. Maka dari itu, inilah beberapa smartphone lokal yang sudah tersedia di pasaran dengan layar fullview.

Selain layar, tentu saja salah satu yang menarik adalah harganya, semua smartphone yang gw tulis di artikel ini dibanderol kurang dari satu juta. 😀 Oh iya, catatan tambahan, kondisikan dulu ekspektasi Anda karena sekali lagi, smartphone-smartphone ini tidak ditujukan untuk langsung bersaing dengan produk yang kelasnya memang lebih tinggi.

Baiklah, yang pertama ada Evercoss U60

vNvG9No

Bisa disebut sebagai smartphone lokal pertama dengan layar penuh 18:9. Evercoss U60 punya bentang layar 5.7 inci. Ia dibekali dengan SoC Quadcore 1,3Ghz buatan Spreadtrum yang menegaskan bahwa memang ditujukan buat kelas entry level. Kombinasi RAM/Storage juga tipikal kelas low-end yakni 1GB RAM dan 8GB Internal Storage yang bisa di ekspansi dengan bantuan MicroSD.

Evercoss U60 dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang (8MP + 2MP) dan sebuah kamera 8MP plus flash di bagian depan. Fitur ekstra lain yang menarik dan berguna adalah Fingerprint. Yap di level harganya, U60 sudah memiliki Fingerprint itu bisa dibilang keren. Smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0 yang ditenagai baterai berkapasitas 3.200 mAh.

SIMAK JUGA >  4GB RAM : Wah or Blah?!

 

Evercoss M53

M53

Masih dengan pabrikan yang sama, Evercoss M53 merupakan alternatif dari U60. Lebih tepatnya alternatif lebih murah. Dan tentu saja, dengan harga yang lebih murah, ada yang harus dikorbankan alias turun spek sedikit. Salah satu yang paling terasa adalah baterai M53 hanya berkapasitas 2250 mAh dibandingkan dengan 3200 mAh pada U60.

Yang mengecil tak cuma baterai, tapi layarnya (dan keseluruhan bodi) juga. Layar M53 berukuran 5,3 inci dan tentu saja tampilan layar penuh 18:9. Untungnya kamera belakang tetap menghadirkan dua kamera (8MP + 2MP) meskipun kamera depan menjadi hanya 5MP plus flash.

Spesifikasi lainnya bisa dibilang sama seperti U60 yakni dengan SoC Quadcore 1,3Ghz dan RAM 1GB. Tersedia ruang sebesar 8GB untuk Internal Storage yang masih bisa diekspansi dengan MicroSD.

 

Advan S5E Full View

S5E-Full-View

Nah, smartphone lokal yang satu ini agak unik (atau nyusahin?) Kenapa? ini karena nama varian S5E itu ada beberapa. Makanya untuk mendapatkan yang model ini, harus lengkap yaitu S5E Full View. Lanjut ke spesifikasinya, smartphone ini bisa dibilang punya bodi paling kompak dari semua smartphone di artikel ini. Meski punya rasio layar 18:9, ukurannya hanya 5 inci.

S5E-Full-View-2

Seperti biasa, Advan menghadirkan smartphone mereka dengan sistem antarmuka IDOS yang berbasiskan Android Nougat 7.0. Secara spesifikasi, S5E Full View menggunakan SoC Quadcore 1,3GHz dengan RAM 1GB serta internal storage 8GB.

Yang agak berbeda adalah konfigurasi kameranya karena smartphone ini “hanya” menghadirkan kamera beresolusi 5MP baik untuk belakang maupun depan.

 

SPC L54 Optima

Salah satu pemain smartphone lokal yang memang lebih ditujukan buat second-city alias non kota besar, juga tidak mau ketinggalan dengan produk serupa. Adalah L54 Optima, smartphone dari SPC yang sudah punya layar full view. Punya ukuran yang sama dengan Advan S5E Full View, yakni 5 inci, tapi L54 ini lebih unggul di bagian kamera. Yap, L54 Optima hadir dengan kamera 8MP untuk kamera belakang dan depannya.

SIMAK JUGA >  Zenfone 3 ZE520KL Update Android Nougat, akhirnya!!

L54-Optima

Ditenagai juga dengan SoC berspesifikasi sama, yakni Quadcore 1,3 Ghz serta RAM 1 GB, smartphone ini harusnya punya performa yang seimbang dengan merek lain di kelas ini. Smartphone ini juga sudah menggunakan Android Nougat 7.0 dan dipasok baterai berkapasitas 2150 mAh.

 

Mito A16 Fullview

Merek yang satu ini memang lebih dikenal sebagai pemain kelas murah. Tapi ternyata mereka juga punya smartphone yang kekinian yang termasuk baru dirilis. Mito A16 Fullview merupakan smartphone ber rasio layar 18:9 dengan ukuran 5 inci. Salah satu nilai lebih A16 adalah punya fingerprint untuk urusan keamanan. Sensor ini diposisikan di belakang di bawah kamera utama yang juga sudah pakai konfigurasi dua kamera (8MP+2MP).

A16-fullview

Meski tidak punya spesifikasi kelas atas, tapi SoC Quadcore 1,3Ghz serta RAM 1GB yang dibawanya sudah terbilang cukup untuk menangani aplikasi sehari-hari. Internal storagenya 8GB masih bisa diekpansi lewat MicroSD hingga 32GB.

 

— Serupa tapi tak sama —

Dari semua smartphone yang gw tampilkan disini, dengan mudah kita bisa lihat banyak hal yang sama terutama layarnya. Meski punya ukuran yang variatif, semuanya punya resolusi ‘panjang’ 960×480 piksel.

Sama seperti spesifikasi yang digunakan, mayoritas menggunakan prosesor quad-core alias 4 inti yang berbasis Cortex A53. Konfigurasi RAM/Storage juga sama persis yakni 1GB dan 8GB untuk Internal Storage nya.

Pada akhirnya jika Anda memutuskan untuk ingin membeli smartphone fullview murah meriah ini, pertimbangannya lebih ke fitur seperti Fingerprint, kamera dan tentunya model alias tampang devicenya.

Jadi, tertarik? 😀