Featured

[Trik] Cara Cepat Download dan Install Genshin Impact

Game Genshin Impact yang lagi ramai dibahas dan dimainkan ini ternyata tidak semudah itu untuk diinstall karena sizenya termasuk besar. Lalu gimana cara ngatasinnya? Simak triknya.

Genshin Impact, game dengan konsep Open World yang luas ini memang lagi rame. Selain dari sisi gameplay dan grafis, game ini punya satu hal yang menarik yaitu game ini crossplay alias bisa dimainkan di lintas platform seperti PC, PS4 dan tentunya mobile (Android/IOS).

Tapi yang mungkin mengejutkan bagi sebagian besar gamer smartphone adalah size gamenya yang jauh lebih besar dibanding game smartphone umumnya. Buat yang pakai PC dan PS4 mungkin tidak menjadi masalah karena umumnya storage PC dan PS4 termasuk lega. Sementara untuk yang pakai hape dengan storage 64GB atau malah 32GB, ukuran game sebesar 6GB mungkin cukup bikin bingung apalagi kalau hape udah penuh foto dan video.

Masalah belum selesai sampai disitu, satu lagi yang bisa jadi masalah adalah ketika harus mendownload game tersebut. Memang, proses download bisa ditinggal dan dijalankan di background, tapi sepertinya server Genshin Impact ini agak lambat, dan banyak di luar sana yang mengeluhkan hal ini.

Nah, rupanya ada solusi untuk hal ini, walaupun bukan solusi terbaik tapi bisa jadi alternatif dan solusi ini saya coba langsung sendiri untuk smartphone Android.

Caranya

  • Pertama, download dulu gamenya dari PlayStore seperti biasa. Size game ini di PlayStore sekitar 147MB.
  • Setelah selesai, jalankan, login atau daftar akun, maka kemudian game akan konek ke server untuk mendownload seluruh file yang dibutuhkan. Akan ada notifikasi bahwa sizenya ada 5871MB alias sekitar 5,8GB.
  • Lalu, stop download, dengan cara kembali ke home dan matikan gamenya.
  • Kemudian copy data game dari sumber lain, bisa dari smartphone teman yang sudah download atau cari di google banyak yang sudah mengupload data gamenya.
  • Setelah mendapatkan datanya, masuk ke internal storage dan buka direktori /Android/data. Ingat, internal storage bukan microsd atau external. Copykan data tadi ke direktori tersebut, jika ada notifikasi bahwa folder udah ada, timpa saja alias overwrite. Passtikan folder(data) yang kita copykan ke dalam /Android/data memiliki nama com.miHoYo.GenshinImpact.
SIMAK JUGA >  Zoomed In : More Zen from Asus's Zenfone line-up

  • Setelah semuanya selesai, jalankan kembali gamenya, jika semua berjalan lancar maka game akan memverifikasi datanya, lalu load dengan sempurna dan siap untuk dimainkan.

Kalau gitu sama aja dong, download juga kalau ngga ada teman yang main game ini?
Tenang, berdasarkan pengalaman gw, mendownload data yang di upload orang lain masih lebih cepat dari download langsung dalam gamenya dengan catatan koneksi internet yang digunakan bagus 😛