Kalau kalian nyimak review Zenfone 3 gw disini , sepertinya gw nggak terlalu banyak bahas soal Audionya. Padahal fitur Audio di Zenfone 3 termasuk salah satu bahan jualan fitur andalan terutama Hi-Res Audio. Jadi, sebagai orang yang doyan ngoprek Audio/Video, gw akan coba bahas deh di artikel kali ini. Simak terus

Oke, sebelum gw lanjut, pertama kalau masih asing dengan Hi-Res Audio, bisa dibaca tulisan singkat gw tentang itu disini. Kedua, memang, soal Audio itu sering kali subjektif karena lebih ke selera, kayak makanan juga, jadi gw berusaha bahas secara umum saja, plus sedikit penilaian subjektif gw.

Zenfone 3 sudah mendukung Hi-Res Audio dengan format maksimum 24-bit/192khz. Di atas kertas, dan bayangan orang umumnya pasti suara yang dihasilkan WAH. Secara umum memang gw akui, suara keluaran Zenfone 3 lebih baik dibandingkan Zenfone 2 baik speaker ataupun melalui headphone jack-nya.

Nah yang menyebalkan, sejak update firmware yg kapan itu (lupa), fitur pemoles suara, Audio Wizard-nya tidak bisa dimatikan. Efek dari Audio Wizard ini memang bikin keluaran suara lebih bagus tapi, SECARA PRIBADI gw merasa lebih cocok untuk speaker-nya. Tidak untuk output dari headphone jack-nya.

Jika Anda punya headphone/earphone yang cukup bagus, Audio Wizard ini akan “merusak” keseluruhan suara dengan karakter umumnya yaitu Bass berlebihan yang mungkin cocok untuk selera orang kebanyakan (no offense 😛 ). Tonal balancenya jadi tidak enak.

Lalu solusinya gimana? Nah, secara tak sengaja, waktu gw putar file FLAC Hi-Res (24/96), berasa suaranya beda dengan file FLAC standar (16/44). Harusnya memang beda sih, tapi yg gw maksud disini adalah bedanya banget, sangat. Ternyata waktu gw iseng periksa Audio Wizard, tampilannya seperti ini

SIMAK JUGA >  Qualcomm Snapdragon 636 : Mencuri Perhatian

screenshot_20161201-172830

Entah memang limitasi hardware atau kesengajaan para engineer audio ASUS, Audio Wizard yang di bypass waktu format Hi-Res dimainkan membuat gw tersenyum senang. Ini karena suaranya jadi lebih “benar”, tidak banyak polesan yang cenderung bikin ngga enak.

Bad news-nya, ga semua koleksi lagu yg gw punya itu format Hi-Res, tepatnya ga semua lagu ada format Hi-Res. Terus gimana dong? Solusinya adalah diakalin pake app player musik. Poweramp. Bukan promosi, tapi gw uda pake app ini dari jaman Android 2.3 karena emank bagus.

Nah versi terbarunya sudah mendukung format Hi-Res, dan bisa di set untuk keluaran Hi-Res.

screenshot_20161201-172859

Ternyata, dengan settingan seperti ini, jalur audio Zenfone 3 “tertipu” makanya Audio Wizard nya tidak memoles suara alias di bypass. Memang, ini bukan solusi optimal karena file formatnya diproses ulang atau upsample sama Poweramp-nya (16/44 ke 24/96), tapi gw lebih percaya sama Poweramp ketimbang AudioWizard. Setidaknya di telinga gw suaranya lebih “benar”.

Jadi, kalau Anda pengguna Zenfone, terutama keluarga Zenfone 3 silakan dicoba trik ini, tapi kalau Anda suka sama keluaran Audio Wizard silakan juga 😀