Youtube, platform media terbesar akhirnya meluncurkan layanan Youtube Music di Indonesia. Ini sangat menarik, kenapa?

Hampir sebagian besar atau mungkin seluruh pengguna internet pasti mengakses Youtube. Apapun jenis tontonannya, bisa dibilang ada semua di Youtube. Dan setelah diluncurkan di beberapa negara lain terutama di Amerika dan Kanada, akhirnya Youtube memutuskan untuk menghadirkan layanan Youtube Music di beberapa negara Asia Tenggara salah satunya Indonesia.

Lantas apa sih itu Youtube Music? ini adalah layanan digital berbasis audio alias platform terpisah yang disediakan Youtube khusus untuk musik, sesuai namanya. Kalau Anda familiar dengan Spotify, kurang lebih seperti itu lah. Ini termasuk model menikmati layanannya yang terbagi jadi gratis dan Premium.

Untuk Indonesia sendiri, layanan Premium ini mulai tersedia sejak 7 November 2019. Dan menariknya, untuk perkenalan awal, Google menawarkan gratis akses selama 3 bulan yang selanjutkan akan dikenakan biaya sebesar 49ribu rupiah per bulannya.

Lho, katanya 49 ribu, tapi di screenshot di atas tulisnya 59ribu?

Nah, selain layanan Premium untuk Youtube Music, ternyata Google juga ‘sekalian’ menghadirkan layanan Youtube Premium. Jadi harga 59ribu itu sepaket semua. Bedanya apa Youtube biasa sama Youtube Premium? Nanti gw bahas, sekarang mari kita lihat Youtube Music dulu.

Seperti yang gw sebut diatas tadi, Youtube Music adalah layanan streaming musik seperti Spotify. Dan dengan menjadi pengguna Premium beragam fitur ekstra seperti streaming musik tanpa iklan, dan fasilitas mengunduh lagu agar bisa diputar secara offline bisa dinikmati.

Apa bedanya dengan Spotify atau layanan lainnya? Youtube Music menggunakan ‘engine’ pencarian Google, jadi Anda bisa mencari konten musik lewat kata kunci apa pun. Misalnya juga jika tidak tahu judul lagu yang ingin didengar, maka bisa mencari dengan potongan lirik lagu tersebut. Mantep kan? 😀

SIMAK JUGA >  [Preview] Youtube Dark Mode : Matikan lampunya donk

Kemudian, ternyata tak hanya musik alias audio saja, Youtube Music juga punya video terutama video klip dari artis yang kita dengar. Jadi bisa dibilang komplit lah, mau dengar musiknya saja bisa, mau nonton music videonya juga bisa.

Tapi, dengan menambah 10ribu lagi, layanan Youtube Premium terlihat lebih menggiurkan, karena selain termasuk Youtube Music Premium, Youtube ‘biasa’ juga jadi Premium. Bedanya apa? Nah yang pertama dan paling utama adalah tidak ada iklan. Udah bosen belum klik “Skip Ad” ? Inilah fasilitas yang paling terasa di layanan premiumnya. Terus, fitur PiP alias Picture in Picture bisa digunakan jadi aplikasi Youtube bisa tetap aktif di background sambil memutar video. Enak lah pokoknya, bisa sambil browsing atau chatting atau bahkan layar dimatikan. Youtube ‘biasa’ otomatis berhenti ketika Anda keluar dari aplikasi atau layar dimatikan.

Jadi dengan diluncurkannya layanan premium ini, buat pengguna aktif atau pengguna berat Youtube tentu sesuatu yang ditunggu-tunggu. Menurut gw juga banderol harga yang diminta masuk akal mengingat fasilitas yang diberikan untuk penggunannya. So, Welcome Aboard 😀