Setelah menunggu lama, dan setelah lihat versi previewnya, akhirnya firmware resmi Android Nougat 7.0 untuk Asus Zenfone ZE520KL telah tiba. Apa saja perubahan yang didapat? Simak impresi gw berikut.

Dari segi tampilan, tidak terlalu banyak yang berubah pada update Nougat untuk Zenfone 3 ini. Notifikasi pada halaman lockscreen yang agak berubah tidak cuma tampilan tapi juga fungsi, sesuai perubahan fungsi notifikasi pada Android Nougat.

Screenshot_20170420-134

Lalu tampilan pada bagian Setting juga sedikit berubah dengan ada detail info setiap sub-menunya. Dan tentu saja, fitur “pamungkas” dari Android N, yaitu split screen. Jadi sekarang bisa menjalankan dua app sekaligus bersebelahan selama app tersebut mendukung fungsi split screen tersebut.

Screenshot_20170421-094046

Jadi gimana rasanya setelah pakai Android N di Zenfone 3 ZE520KL?

  1. Sistem jadi lebih responsif, tidak terlalu signifikan tapi terasa
  2. Kualitas hasil foto lebih baik
  3. Ngecas alias charging jadi lebih cepat, sekarang 1 jam lebih sedikit saja, sebelumnya hampir 2 jam.
  4. Batere relatif lebih irit karena DOZE Android N yang lebih aggresif soal manajemen daya
  5. Ini poin paling ngeselin, bug Audio Wizard sudah hilang, tapi sekarang ada mode ‘Pure Direct’ untuk bypass

Oke gw jelasin lagi sedikit. Untuk poin nomor 2, gw nggak punya perbandingan pastinya, tapi PERASAAN gw, memang hasil fotonya lebih bagus di 7.0 ini.

Untuk poin yang kelima, nah ini sangat personal sih, bug Audio Wizard yang pernah gw share sebelumnya, sudah tidak berfungsi lagi triknya, jadi Output dari Poweramp jadi ‘apa adanya’. Tapi sebagai gantinya, sekarang ada mode ‘Pure Direct’ ketika earphone dicolok. Dan sejujurnya, gw masih suka outputnya Poweramp yang di trik, ketimbang bypass resmi ala Audio Wizard. 🙁

SIMAK JUGA >  ASUS ROG GX800 : Gaming laptop yang bikin melongo

Selebihnya tidak ada masalah berarti, semua app berjalan mulus, dan sementara ini hapenya belum restart / crash seperti yang sempat beberapa kali gw alami di firmware sebelumnya.

Artikel ini akan gw update lagi kira-kira kalau gw menemukan masalah/hal aneh 😛

C6cx6TpUoAEpR