Just Info

Baru meluncur, Oppo F7 dan Vivo V9 mendapat saingan berat

Belum lama ini Vivo meluncurkan V9, dan beberapa hari yang lalu Oppo menyusul dengan F7.  Kedua ‘kembar’ ini juga punya gimmick yang mirip, yaitu selfie. Harganya pun cukup dekat. Tapi kemudian, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 5, yang seperti biasa, menggebrak atau malah merusak kompetisi. Kok gitu?

Seperti yang kita ketahui bahwa Vivo sudah duluan meluncurkan smartphone andalan mereka di kelas ini yaitu V9. Dengan desain kekinian, layar penuh tapi ‘ternoda’ dengan adanya notch atau poni di sisi atas layar. Vivo V9 ini masih berkutat di kamera terutama untuk kamera depan yang punya resolusi tinggi 24MP dengan teknologi AI Beauty. Sementara kamera utama atau belakangnya pakai konfigurasi dual-camera yakni 13 dan 2 MP. Teknologi pada kamera belakang ini mereka sebut AI-Bokeh, kemampuan menghasilkan gambar potret bokeh ala DSLR.

V9

Tapi, yah, sangat disayangkan komponen utama alias otak alias SoC yang digunakan tidak mendapat upgrade dari seri sebelumnya V7. Ya, Vivo V9 masih menggunakan Snapdragon 450 dengan ram 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Spesifikasi yang mungkin dirasa terlalu mahal atau overpriced untuk smartphone ini.

Oppo yang disebut-sebut masih saudara dengan Vivo, kemudian meluncurkan F7 yang merupakan penerus F5. Smartphone ini juga hadir dengan tampang berponi, yang sekilas terlihat serupa malah dari tampak depannya. Hanya saja Oppo nampaknya tidak mau kalah soal selfie, maklum, dari dulu juga kalau sebut merek Oppo biasanya orang lebih paham ini smartphone spesialis selfie. Jadi Oppo F7 punya kamera selfie dengan resolusi 25MP dan dilengkapi dengan teknologi AI Beauty. Kamera belakang pada Oppo F7 cuma satu alias tunggal dengan resolusi 16MP.

F7

Tapi yang menarik dari Oppo F7 ini adalah digunakannya SoC Mediatek P60. Iya gw tau, kalau nyebut nama SoC yang satu ini kadang udah bikin ngedrop. Tapi P60 ini merupakan salah satu SoC terbaru Mediatek di tahun ini dan menurut hasil ujinya, P60 ini termasuk kencang, bersaing dengan Snapdragon 660 yang mana merupakan kelas menengah ke atas. Jadi sepertinya cukup menjanjikan. Oh iya, Oppo F7 tersedia dalam 2 varian, yakni konfigurasi 4/64 atau 6/128.

SIMAK JUGA >  Kencang dan Dingin : Colorful iGame GeForce RTX 2070 Neptune OC

Dan ini lah sang pemberani, perusak harga dan persaingan smartphone kelas ini, Xiaomi Redmi Note 5. Yang diluncurkan sehari persis setelah Oppo F7. Redmi Note 5 tampil “biasa”, dengan layar 18:9 berukuran 5.99 inci. Yah, tampangnya mirip dengan Redmi 5 Plus kalau dari depan. Yang beda adalah di sisi belakang karena smartphone ini punya dua kamera, 12+5MP yang lagi-lagi dibantu dengan teknologi AI, konfigurasi ini menjanjikan foto bokeh yang lebih baik.

Redmi-Note-5

Ngomongin AI, Redmi Note 5 bisa mengandalkan teknologi ini karena SoC yang digunakan. Snapdragon 636 yang digunakan pada smartphone ini memang memiliki kemampuan kecerdasan buatan. Selain itu kinerjanya juga tidak main-main untuk kelas menengah ke bawah (mid to low). Selengkapnya soal SoC Snapdragon 636 bisa dibaca di tulisan gw yang ini. Xiaomi Redmi Note 5 tersedia dalam 2 konfigurasi yakni 3/23 dan 4/64.

Nah seperti yang gw bilang di awal, bahwa pasar smartphone kelas dibawah 5 juta ini memang lagi panas, kenapa? Karena sebentar lagi, ASUS juga akan merilis Zenfone Max Pro M1 dengan SoC Snapdragon 636 juga. Tapi info lebih lanjutnya tunggu di tulisan gw selanjutnya.

Sementara itu, silakan disimak perbandingan tiga dari empat smartphone yang gw sebutkan disini. Yang mana yang menarik? Silakan pilih 😀

F7-V9-Note5