Banyak yang tidak menduga kalau Sony bakal meluncurkan smartphone baru di MWC 2016. Spekulasi soal keluarga Z6 diramalkan setelah ajang MWC baru mulai dikenalkan. Dan itulah yang terjadi, Sony tidak menyinggung sama sekali soal generasi terbaru dari smartphone flagship mereka “Z Series”. Tapi  ternyata ada sebuah kejutan yang dihadirkan Sony. Yap, mereka meluncurkan smartphone baru, lebih tepatnya jajaran dan kelas baru.

Perkenalkan, Sony Xperia X Series. Sejujurnya, gw akan bingung posisi kelas X ini, menurut Sony sih emang bukan flagship, tapi kok spesifikasinya ada yang flagship yah. Oke coba simak satu-satu.

Pertama ada Sony Xperia X (gambar diatas), hadir dengan spek menengah ke atas kalo gw bilang sih dengan SoC Qualcomm Snapdragon 650 plus ram 3GB. Storagenya 32GB dan layar 5″ FullHD. Terasa midrange kan? tunggu dulu, bagaimana kalo gw bilang Xperia X ini punya kamera 23MP dengan Predictive Hybrid AF, teknologi yang disempurnakan dari Xperia Z5 tahun lalu. Wah! 😀

Berikutnya adalah Sony Xperia X Performance. Secara umum punya spek yang mirip dengan Xperia X tapi, X Performance pakai Qualcomm Snapdragon 820. Yep, SoC tercanggih saat ini sama dengan yang digunakan produk flagship lainnya sepanjang tahun ini. Gw jadi mikir, ini beneran midranger? 😀

Xperia-X-Performance-Colours

Terakhir adalah Sony Xperia XA. Yah, seperti biasa, selalu ada yg bungsu dan “kurang canggih”. Xperia XA pakai Mediatek MT6755 alias P10 dengan octa-core prosesor. RAM nya juga dipangkas jadi 2GB saja dengan internal 16GB saja. Dan layarnya turun jadi HD 720p.

Xperia-XA-Colours

Selain spek, X Series ini juga punya desain yang lebih baru dari Sony karena menggunakan lapisan layar lengkung atau biasa disebut 2.5D Glass atau Curved Glass dan khusus seri XA, katanya dia punya layar edge-to-edge alias bezel yang tipis.

SIMAK JUGA >  Kejutan Akhir Tahun Dari ASUS : Zenfone Max Pro M2

Seperti seharusnya, semua X Series ini diluncurkan dengan Android 6.0 Marshmallow. Harga? belum ada info. Padahal ini penting buat liat potitioning nya apa benar dibawah seri Z atau nempel dengan seri Z which is absurd menurut gw.