Bagi yang doyan ngoprek PC tentu tahu kalau Geforce RTX adalah jajaran kartu grafis (GPU) paling baru dari Nvidia saat ini dan biasanya banyak vendor yang bikin racikannya sendiri untuk dirilis ke pasaran. Dari beberapa vendor yang menghadirkan seri RTX, Colorful tampil beda dengan varian RTX 2070 mereka. Yap, kartu grafis ini berpendingin cair. Keren juga.

Biasanya, pendingin cair atau biasa disebut watercooled untuk komponen itu dilakukan sendiri oleh penggunanya. Karena itu water cooling ini dijual terpisah sebagai aksesoris modifikasi. Tapi belakangan mulai banyak vendor komponen yang langsung menghadirkan produknya sudah dilengkapi dengan sistem pendingin seperti itu.

Colorful, dengan jajaran kartu grafis iGame nya kali ini hadir dengan varian kartu grafis GeForce RTX 2070 yang diberi nama iGame GeForce RTX 2070 Neptune OC.

Konsep dasarnya terlihat sederhana, sebuah card Geforce RTX 2070, pasangkan dengan water cooling. Selesai. Tapi tidak semudah itu RodrigueziGame GeForce RTX 2070 Neptune OC menggunakan komponen berkualitas untuk “bahan dasar”nya. Penggunaan kapasitor Hi-C “ultra longlife” yang memastikan daya tahan lebih baik daripada kapasitor solid-state tradisional. Kemudian modul daya DrMOS memaksimalkan ruang PCB untuk mengoptimalkan pendinginan serta menghadirkan kinerja yang superior. Silver Plating Technology (SPT) khas Colorful juga membantu agar kartu grafis ini beroperasi dengan daya yang lebih rendah. Hmm… menarik.

Tentu saja, daya tarik utamanya adalah sistem pendinginnya yang disebut Neptune. Kartu grafis seri Neptune ini mengunggulkan sistem pendinginan istimewa. Menggunakan pompa efisiensi tinggi baru menghadirkan 115% tekanan statis yang lebih tinggi dari pompa tradisional, dan berkat desain pisau khusus, pompa Neptune COLORFUL memberikan kinerja pendinginan yang lebih baik. Dua pipa FEP-nya pun kuat namun fleksibel untuk lebih memudahkan pemasangan. Radiator 240mm dengan desain low resistance memungkinkan flow rate lebih tinggi, kemudian ditemani kipas Air Balance yang menyalurkan udara dengan seimbang untuk mendorong udara melewati ventilasi radiator keluar dari case. 

SIMAK JUGA >  ASUS X550IU : Notebook Gaming Terjangkau? Bisa jadi

Intinya, ia mampu beroperasi dengan sunyi dan tetap punya kinerja tinggi. 😀

Kinerja tingginya dari mana? Ternyata, selain didinginkan dengan sempurna, kartu grafis ini juga telah di overclock. Beroperasi pada kecepatan 1410 MHz dan turbo hingga 1620 MHz, lebih hebatnya lagi masih bisa naik hingga 1815 MHz ketika tombol OC ditekan.

Terakhir, fitur iGame yang merupakan fasilitas kustomisasi buat pengguna juga hadir di kartu grafis ini. iGame Dynamic Light serta  iGameZone II dihadirkan agar pengguna leluasa mengatur kemampuan kartu grafisnya serta mengatur efek cahaya serta warna dari led RGB yang dimiliki iGame GeForce RTX 2070 Neptune OC.

Kapan kartu grafis ini akan hadir? Ditunggu saja