Nokia 8 : Kisah CLBK Nokia – Zeiss

Just Info

Siapa sih yang tidak kenal dua nama besar ini, yang satunya raksasa telekomunikasi terutama buat hape, satunya lagi ahli optik/lensa. Setelah lama ‘vakum’, akhirnya kolaborasi ini terjadi kembali di smartphone terbaru Nokia, Nokia 8. Seperti apa sih?

Buat yang main atau ngikutin dunia gadget, pasti sudah tidak asing dengan duet maut Nokia dan Zeiss. Tapi sejak kemunduran Nokia di ranah smartphone, kombinasi ini bisa jadi cuma cerita manis di masa lalu.

Sejak kembalinya Nokia ‘baru’ yang kini dipegang oleh HMD Global, para fans pun bertanya-tanya, apakah mereka bisa melihat kembali label ZEISS di bagian belakang smartphone-nya. Memang, dari rumor yang terus beredar bahwa Nokia tetap akan menjalin kerjasama dengan Zeiss untuk urusan fotografi di smarphone mereka.

Akhirnya, kemarin pada 17 Agustus 2017 lalu, HMD meluncurkan varian teratas, mungkin juga flagship pertama mereka, Nokia 8.

Nokia_8

Hal pertama yang langsung gw notice adalah, kembalinya Zeiss di kamera Nokia. Nokia 8 punya konfigurasi dual camera untuk belakangnya, dengan satu sensor monokrom alias hitam putih, dan satunya warna. Sensor warna/RGB ini juga sudah dilengkapi dengan OIS. Keduanya punya resolusi 13MP dan pastinya dengan lensa Zeiss f/2.0.

20170213021258

Tak hanya itu, kamera depannya juga punya resolusi 13MP f/2.0 dengan sudut pandang yang lebih lebar dibandingkan kamera belakang. Nah yang menariknya, semua kamera ini, depan dan belakang bisa digunakan bersamaan. Nokia menyebut fitur ini “Bothie”.

Meski bukan sesuatu yang baru, tapi fitur Bothie di Nokia 8 ini bisa juga digunakan saat Live Streaming, yap fitur yang lagi ngetren, siaran langsung for whatever reason 😛 dan soal LiveStreaming, Nokia 8 memperkenalkan teknologi Ozo Audio, yang bisa merekam suara 360′.

SIMAK JUGA >  Ada lho Powerbank buat laptop, Asus ZenPower Max

Yang penting juga adalah, sebagai smartphone, Nokia 8 punya spek yang tidak main-main. Dengan layar 5.3″ QHD IPS berpelindung 2.5D Gorilla Glass 5, SoC Qualcomm Snapdragon 835 chipset, 4GB RAM dan 64/128GB storage, Nokia 8 siap menantang para flagship smartphone.

Terakhir, smartphone mengkilap berbodi 6000-series aluminium ini akan dilepas EUR 599 atau kalau dikonversi saat ini jadi sekitar 9,5 juta rupiah. Gila juga ya, tapi itu harga eropa, kita tunggu saja harga di area lainnya.

 


Karuna

Karuna

A Tech and Gadget 'opreker', Full time internet surfer, WWE fan since '99, and big fan of Japanese pop culture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *