Belum lama ini ASUS meluncurkan smartphone terbaru mereka di Indonesia. Tapi bukannya kelas atas, tapi malah kelas entry-level. Kenapa?

Di tengah maraknya smartphone kelas menengah ke atas bahkan flagship yang diluncurkan beberapa bulan belakangan, ASUS malah dengan santainya merilis Zenfone Live L2, sebuah smartphone kelas entry-level. Lebih anehnya lagi, kalo diteliti, spesifikasinya mirip sama Zenfone Live L1 yang lama. Lalu pertanyaannya, kenapa???

Mari kita sama-sama lihat alasannya.

►Musim orang jajan alias belanja◄

Iya, sekarang memang bulan puasa, tapi KONON KATANYA, musim begini biasanya justru smartphone kelas entry-level ini laku keras. Menurut pihak ASUS nya sendiri, penjualan smartphone entry-level lumayan kencang di bulan-bulan begini. Tapi tentunya ASUS tidak sendirian, karena memang benar sih, dalam beberapa minggu terakhir ini saja banyak banget smartphone entry-level baru yang dirilis.

►Spesifikasi mumpuni di harganya◄

Kalau ngomongin spesifikasi/harga, Zenfone Live L2 gw rasa cukup menarik. Seperti yang gw bilang di awal tadi, spesifikasinya mirip sama versi pendahulunya, seperti ukuran fisik, besar layar, kamera, dsb. Tapi komponen utama alias SoC nya sudah di upgrade. Sekarang Live L2 punya Octa-Core (8) prosesor, dua kali lebih banyak ketimbang Live L1. Ini karena sekarang dia pakai Snapdragon 430, dibandingkan sebelumnya yaitu Snapdragon 425. Jadi udah pasti bakalan cukup ngebut, sekali lagi, di kelasnya.

►Desain yang kekinian◄

Poin yang ini memang tergantung selera. Tapi gw ngerasa desainnya cakep untuk smartphone kelas entry begini. Memang, sudah pasti bahannya plastik, tapi finishing dan tentunya pilihan warna bodi belakangnya lumayan menggoda, at least sudah kekinian dengan permainan gradasi warna. Dan ternyata kinclong banget lho finishingnya ini. 😀

SIMAK JUGA >  [Hands-on] ASUS Zenfone Max Pro M1, Penantang Serius Kelas 2 Jutaan

 

Itulah 3 alasan utama kenapa ASUS dengan santainya meluncurkan Zenfone Live L2 di tengah gempuran smartphone kelas menengah. Memang sih, kalau mau kritis, spesifikasinya tidak ada yang wah, tapi kombinasi spesifikasi dan harganya bikin keseluruhan smartphone ini menarik. Dari tadi ngomong harga, berapa sih harganya?

ASUS Zenfone Live L2 dijual dengan harga resmi Rp.1.199.000 alias 1,2 juta rupiah. Menarik bukan? Nah tapi, siapa saja lawannya di segmen harga sejuta lebih sedikit atau tepatnya kurang dari 1,5 juta? Nanti gw bikin round-up nya. Sementara itu, inilah spesifikasi lengkap dari Zenfone Live L2

 

Prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 430 Mobile Platform 28nm 64-bit
GPU Adreno 308
RAM 2 GB
ROM 16 GB
Layar 5.5 inch IPS 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio
Kamera Utama 13 MP, f/2.0, PDAF
Kamera Depan 5 MP, f/2.4
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Sensor Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Baterai 3000 mAh
Port microUSB 2.0, 3.5mm Audio
OS Android Oreo + Zen UI 5
Berat 140 g
Dimensi 147.3 x 71.8 x 8.2 mm

Tertarik? Sudah tersedia kok, langsung aja ke toko online favorit.