[Hands-on Review] ASUS Vivobook A409FJ : Jagoan kelas menengah?

Reviews

Belum lama ASUS menghadirkan Vivobook Ultra A412DA, muncul lagi varian A409FJ yang juga amat menarik. Banyak ya. Mending mana?

Masih masuk kelas seri A, A409FJ ini diposisikan buat menggantikan seri A407. Upgrade yang didapatkan di seri ini jika dibandingkan dengan seri sebelumnya termasuk incremental alias peningkatan. Mungkin kalau dibandingkan langsung apalagi spesifikasi mentah tidak akan terlihat signifikan. Jadi sebut saja penyempurnaan.

Perubahan yang terasa dari seri baru ini ada di sisi desain. Secara pribadi, gw sih lebih suka A409 dibandingkan A407.

Impresi pertama yang gw dapatkan adalah enteng. Yep, bahkan jajaran Vivobook seri A sekarang ini dibuat makin ringan, jadi enak banget buat dibawa-bawa. Kalau lihat di spesifikasinya sih bobotnya sekitar 1,6kg, dengan ketebalan kurang lebih 16.5mm. Biar gampangnya, ini gw bandingkan dengan uang koin seribu rupiah.

Walaupun tidak bisa dipungkiri dan mungkin nggak usah banyak protes juga lah ya kalau konstruksinya mayoritas adalah plastik, tapi seperti yang gw bilang di awal, solid dan kokoh, jadi no worries here. 😉

Satu-satunya yang gw sayangkan adalah, konstruksi layarnya yang kurang solid alias nge-flex kalau kena tekanan. Memang bukan buat dipencet-pencet karena bukan touchscreen, tapi gw justru notice hal ini karena nggak sengaja tersentuh. Malah area keyboard yang umumnya rentan flex, di A409 ini solid, hampir tidak ada keyboard flex yang menandakan konstruksinya solid.

Dan soal layar, yah sudah pasti resolusinya FullHD lah, ditempelin stiker pula biar yakin ini layarnya FullHD 😛 Dengan desain matte display, layarnya jadi lebih enak digunakan di berbagai kondisi karena minim pantulan yg biasa kita dapatkan dengan layar glossy. Tak lupa juga, layar A409FJ ini bezelnya tipis, jadi berasa lebih lega aja waktu menggunakannya.

SIMAK JUGA >  [Long Term Review] ASUS Zenfone 5 : Sekarang dengan Android Pie

Sekilas, no complain lah soal layarnya, ngetik artikel ini di notebooknya langsung nyaman-nyaman aja.

Dan untuk ngedrive layar ini ada discreet graphics Geforce MX230 untuk menemani onboard Intel HD Graphics. Di level harga segini, dikasih discreet graphics semacam ini merupakan nilai tambah karena ya terkadang kita cuma dikasih vga onboard aja. Memang, kalau kalian cek secara spesifikasi atau performa, MX 230 ini bukan vga gaming banget, tapi setidaknya buat gaming casual di sela-sela kerja masih ngangkat banget lah. CSGO atau Dota 2? Hajar.

Beralih ke penggerak utama sistem, notebook ini ditenagai oleh prosesor Intel generasi ke-8. Varian yang gw cobain disini menggunakan Core i5 8265U, tersedia pilihan hingga Core i7 8565U buat yang butuh kinerja lebih. Secara performa, prosesor mobile 15W ini sangat bisa diandalkan. Langsung aja ke benchmark Cinebench yang sempat gw uji di notebook ini.

Meskipun gw nggak sempat buat nyobain buat main game, tapi gw sempat nyobain buat nonton Youtube dan gw bisa bilang kalau speaker dari Vivobook A409FJ ini enak untuk ukuran laptop. Tidak cempreng, cukup berbodi dan terasa ngebass dikit kalau lingkungan agak sunyi.

Overall impresi awal gw untuk ASUS Vivobook A409FJ ini positif. Buat daily driver gw rasa cukup oke, materialnya meski plastik tapi kokoh dan bobotnya yang relatif ringan itu bikin nyaman buat dibawa-bawa. Performa sih memuaskan di kelasnya cuman sayangnya gw nggak bisa menguji daya tahan baterainya. Tapi setidaknya gw ngetik seluruh artikel ini, sembari ditemani Youtube jalan di background, dengan mengandalkan baterai. Oh iya sebelum gw lupa, otentifikasi keamanan lewat fingerprintnya berjalan lancar.

SIMAK JUGA >  [Review] Vortexseries VX5 : Minimalis dan Manis

Berikut spesifikasi varian yang gw coba.

ASUS VivoBook A409FJ
Prosesor Intel® Core™ i5-8265U Processor
RAM 4GB DDR4 2400MHz (up to 12GB)
Storage 1TB HDD
Display 14.0″ LED-backlit FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare Panel
Graphics Nvidia GeForce MX230 with 2GB GDDR5 VRAM

Integrated Intel HD Graphics 620

Input/Output 1x COMBO audio jack, 1x Type-C USB 3.0, 1x USB 3.0 Type A, 2x USB 2.0

1x HDMI, 1x Fingerprint reader

Kamera VGA Web Camera
Konektivitas Dual band WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.2
Audio Stereo speakers (2W x 2) ASUS SonicMaster technology
Battery 2-Cell 32 Wh Polymer Battery
Dimension 325 x 216 x 22.9 mm
Weight ~1.65Kg
Garansi 1 tahun garansi global

Cek selengkapnya di website ASUS Indonesia disini


Karuna

Karuna

A Tech and Gadget 'opreker', Full time internet surfer, WWE fan since '99, and big fan of Japanese pop culture.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *