Reviews

[Review] Armaggeddon SRO-5 HAVOC III V2.0 : Alternatif mouse gaming terjangkau?

Tren hardware PC sekarang ini memang ke arah gaming, lihat saja banyak sekali periferal gaming atau istilah kerennya gaming gear yang meluncur di pasaran. Nah kali ini gw kedatangan salah satu periferal (PC) Gaming Gear yang sekilas sih punya segudang fitur gaming tapi dibanderol cukup terjangkau. Mari disimak guys.

Mouse yang dimaksud adalah keluaran Armaggeddon, divisi gaming gear dan “saudara” dari SonicGear. Mouse SRO-5 HAVOC III yang gw review ini merupakan versi 2.0 dari seri tersebut. Tapi bukan berarti pengganti, mungkin lebih tepatnya alternatif karena setelah gw teliti, Ver2.0 ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah. Efeknya, harganya pun sedikit lebih murah dibandingkan versi 1.0 atau polosannya.

Apa yang didapat di paket penjualannya, well, manual, CD Instalasi driver/aplikasi yang bisa didownload juga dari situsnya, dan mouse feet cadangan!!. Tampang mousenya sendiri cukup menarik dengan desain ergonomis yang terasa pas di genggaman. Ada karet “peredam” disisi mouse untuk meningkatkan grip ketika menggunakan mouse ini.

armageddon-sro5-havoc-review3

 

Daaannn…. yap, strip yang melingkari bodinya adalah RGB Strip alias mouse ini bisa nyala dengan warna yang bisa diatur sendiri sesuai selera (Full RGB color). Termasuk 3 mode yang disediakan (menyala terus, kedip, dan berganti warna secara acak). RGB Strip ini juga menjadi penanda settingan DPI yang dipakai saat itu. Oiya, logo Armaggeddon di tengahnya pun ikut menyala. Cakep lah.

Tombolnya total ada 6 yang kesemuanya bisa di program lewat aplikasi HAVOC-III. Tombol yang paling tengah adalah untuk mengatur DPI mouse atau disini disebut CPI. Mouse ini pake sensor Avago dengan dukungan resolusi hingga 4000CPI. Tombol-tombolnya juga menggunakan Omron Switches. Yah secara spesifikasi hardware mouse ini memang termasuk kelas menengah, tapi gimana performanya?

SIMAK JUGA >  Review : ASUS Fonepad 8 - Kaya Fitur, Miskin Harga

Oke, setelah kurang lebih satu minggu gw pake mouse Armaggeddon SRO-5 HAVOC III Ver2.0, inilah hasilnya. Dari berbagai genre game yang gw mainkan terutama FPS dan MOBA (Dota 2), mouse ini terbilang baik. Sensor yang digunakan (AVAGO 3050) punya reputasi yang baik untuk mouse kelas value. Presisi dan akurasinya termasuk baik dikelasnya. Tombol-tombol klik cukup “renyah” walaupun tombol bodi samping terlalu lemah untuk selera gw, tapi overall ga terlalu mengganggu.

havoc

Nah, keluhan gw pertama datang dari anehnya perubahan DPI di mouse ini. Di software terdapat setting DPI sebanyak 4 buah yg bebas diatur sendiri, tapi sialnya (atau anehnya) hanya bisa 2 set yang aktif artinya 2 depan dan 2 belakang. Jadi kalau tombol DPI di tengah mouse di pencet, cuma bisa gonta-ganti 2 level sensitivitas. Untuk mengakses 2 level lainnya, balik mouse, geser switch DPI yg berada di bawah mouse. Secara pribadi dan dari gaya penggunaan gw, ini merepotkan.

armageddon-sro5-havoc-review4

Keluhan kedua dan ini agak minor sih, permukaan mouse yang terbuat dari plastik mulus/licin bikin agak kurang nyaman untuk sesi gaming agak lama, karena tangan keringatan lalu kenyamanan pun berkurang. Untungnya lapisan karet di sisi bodi mouse membantu grip sehingga mengurangi efek mouse “terbang” 😛 .

Overall gw impress sama Armaggeddon SRO-5 HAVOC III Ver2.0 ini. Fitur dan fasilitas yang dihadirkan terbilang menarik terutama melihat harga yang ditawarkan. Performa mouse pun tidak mengecewakan walaupun Anda harus membiasakan diri dengan sistem perubahan DPI yang dimiliki. Terakhir, berapa sih harganya? Nah gw bilang berada di kelas menengah karena ia tidak semahal mouse gaming kelas atas tapi juga ngga murahan kaya mouse “gaming” lainnya. Harga resminya 325 ribu rupiah saja (Rp.325.000) 😀

SIMAK JUGA >  [Review] Sonicgear Vibra 5 : Rasakan getarannya