Reviews

[REVIEW] Asus Audio Cover : Portable Surround Sound

Kadang, kita ga kepikiran kalo vendor gadget bakal menghadirkan produk apa. Selalunya sama kaya yang udah-udah dalam konteks variasi produk. Tapi kali ini gw beneran ga nyangka kalo Asus punya ide ngeluarin produk semacam ini. Pantesan aja mereka berani bilang “The World’s First” untuk produk yang satu ini.

Sebenarnya, Asus Audio Cover ini bukan produk sendiri alias standalone. Tapi ia merupakan aksesoris untuk produk tablet mereka, Zenpad. Asus Audio Cover ini terdiri dari 3 varian berdasarkan ukuran tabletnya. Jadi tersedia untuk Asus Zenpad 7.0 (Z370CG), Zenpad 8.0 (Z380CG) dan Zenpad 10 (Z300C) walaupun sebenarnya khusus untuk yang Zenpad 10, dia jadi satu dengan keyboard dengan nama Audio Dock bukan Audio Cover.

Sementara untuk yang versi 7.0 (CA71) -yang gw uji ini- dan 8.0 (CA81) bentuknya sama hanya beda ukuran. Audio Cover ini merupakan sebuah cover flip tapi dengan keistimewaan yaitu speaker surround beserta batere yang terintegrasi. Dengan memanfaatkan contact pin khusus yang ada di bodi Zenpad, di balik covernya yang bisa dilepas, Audio Cover ini berkomunikasi dengan tabletnya.

Lalu apa sih hebatnya Audio Cover ini? Asus Audio Cover punya speaker 5.1 surround dengan komposisi 4 speaker utama, 1 center channel dan 1 subwoofer yang ditempatkan dalam 1 deret alias bar pada bagian “bawah” cover. Kalo bingung, bayangkan aja ini konsepnya mirip kaya Sound Bar yang sekarang cukup ngetren di kalangan pengguna Home Audio/Entertainment.

Ah, yang bener nih, boong kali! Ya benerlah, cuman jgn bayangkan speakernya gede-gede apalagi denger nama subwoofer langsung kepikiran yg biasa dipake buat Home atau Mobil. Gampangnya, semua unit speaker ini sudah dibikin sesuai “proporsinya”.

Seperti disebutkan, Audio Cover ini punya batere sendiri, jadi dia tidak akan menguras batere tablet ketika digunakan. Terus ngisi batere nya gimana? ada dua cara. Pertama, diisi bersama dengan tabletnya. Ini dalam kondisi Audio Cover terpasang, jadi saat ngecas Zenpad, Audio Cover ini pun ikut di isi baterenya.

Cara kedua adalah dengan dongle mangetic yang disertakan, tinggal tempelkan sesuai posisi pin-nya, lalu colok kabel micro-usb ke dongle tersebut.

SIMAK JUGA >  [Review] ASUS Zenfone Max Pro M1 : Comeback Is Real

– lanjut halaman 2 –
[nextpage title=”Kualitas suara”]

UJI SUARA
Jadi gimana suaranya? oke sejujurnya, gw ga tau apa yang harus gw expect dari Audio Cover ini karena antara antusias dan juga skeptis. Lalu setelah gw copy beberapa lagu dan video, langsung gw jajal. Sebelum mulai, desain dari cover ini emank pas sih, jadi tablet diposisikan landscape dengan cara menyandarkan pinggir tablet pada lekuk diantara speaker dan baterenya.

Pertama gw pake aplikasi bawaan Zenpad untuk mutar musik. Wah, suaranya kok biasa aja ya, cek punya cek, Audio Wizard ternyata belum nyala. Nyalakan, jebreettt nah baru berasa. Di dalam ada preset kaya biasanya, Movie, Music, Gaming, Vocal dan Smart. Nah, bedanya ada fitur Surround Sound yang bisa diaktifkan untuk merasakan kemampuan dari Audio Cover yang ada cap DTS-HD Premium Sound.

Untuk musik, preset yang paling pas menurut gw emank Music. Cocok untuk hampir semua genre. Suaranya agak warm emank, tapi bass nya lebih ada dan vokal cukup tebal. Preset Movie bikin suara jadi tipis dan high-nya lebih dominan. Sementara preset Gaming punya karakter suara yang mirip dengan Movie hanya saja vokalnya sedikit lebih maju. Sementara preset Vocal, sesuai namanya, Vokal jadi lebih dominan, cocok buat yang suka dengerin podcast. Jadi gw memutuskan untuk pake preset Music aja.

Yang jadi keluhan gw, staging dan separasinya jadi berantakan karena pemisahan antara kiri dan kanan tidak jelas, semua seperti menyatu. Dugaan gw adalah ini karena faktor penempatan unit speakernya yang dempet-dempetan. Untuk memastikan, gw akhirnya install aplikasi PowerAMP.

Dengan PowerAMP, gw buka pengaturan suara lebih lanjut, dan gw cek balance-nya. Ternyata emank benar, kiri dan kanannya tidak bisa dipisahkan dengan tegas seperti speaker stereo “standar”. Good News-nya adalah, dengan PowerAMP yang punya Equalizer 10 band, gw bisa melakukan fine tuning suaranya agar keluar sesuai keinginan gw dan guess what, Audio Cover ini bisa ngebass.

SIMAK JUGA >  [Review] Super Mario Run : Akhirnya Berlari di Android

Cukup mengejutkan memang apalagi mengingat ukurannya. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah volume. Untuk ukurannya, Asus Audio Cover ini KERAS suaranya. Untuk ruangan ukuran standar kira-kira 3×3, tidak perlu volume full untuk memenuhi ruangan, 80% sudah cukup.

Efek Surround Sound yang ada di Audio Wizard menurut gw kurang begitu berguna. Emank dia menghadirkan efek seolah-olah suara menjadi surround alias virtualisasi dan efek ini cukup terasa, tapi tonal suaranya jadi kurang bagus. Nada rendah alias Bass nya hilang, sementara highnya jadi agak tipis. Makanya, secara pribadi, gw ga nyalain fitur ini.

Beralih ke video, buat yang suka nonton youtube, suara yang dihasilkan sudah sangat cukup, tapi untuk film, perhatikan lagi jenis filmnya. Untuk drama, cukup bisa dinikmati dengan vokal yang jelas dan ambience musik yang mengalun masih terdengar baik. Tapi untuk action, agak kurang, karena sekali lagi, untuk kualitas suara yang maksimal, harus di fine tune sendiri (equalizer) yang sayangnya tidak dimiliki oleh semua player video.

Overall, gw cukup impress dengan Asus Audio Cover ini, sebuah terobosan inovasi untuk aksesoris gadget. Gw bisa bilang kalo kualitas suaranya imbang atau bahkan diatas rata-rata speaker laptop, yap, laptop alias notebook. Dan gw ga tau apakah versi yang 8 incinya lebih bagus atau tidak mengingat unit speakernya bisa lebih besar karena ada ruang lebih dibandingkan untuk 7 inci.

Minusnya? Oke, pertama Anda hampir tidak mungkin menggunakan Audio Cover ini untuk gaming macam Asphalt atau Modern Combat atau bahkan game yang membutuhkan orientasi portrait atau tegak. Untuk gaming Anda butuh gamepad bluetooth jadi bisa menikmati suaranya. Kedua, jika Anda nge-cas bersama tablet, waktu yang dibutuhkan untuk kedua perangkat ini mengisi penuh baterenya adalah lebih dari 4 jam.

Oiya, kebetulan gw juga kedatangan Asus Zenpad 7.0 untuk melengkapi Audio Cover ini jadi paket Zenpad Theater, nah untuk review Zenpad-nya coming soon ya. Ditunggu aja 😀