Kadang, kita ga kepikiran kalo vendor gadget bakal menghadirkan produk apa. Selalunya sama kaya yang udah-udah dalam konteks variasi produk. Tapi kali ini gw beneran ga nyangka kalo Asus punya ide ngeluarin produk semacam ini. Pantesan aja mereka berani bilang “The World’s First” untuk produk yang satu ini.

Sebenarnya, Asus Audio Cover ini bukan produk sendiri alias standalone. Tapi ia merupakan aksesoris untuk produk tablet mereka, Zenpad. Asus Audio Cover ini terdiri dari 3 varian berdasarkan ukuran tabletnya. Jadi tersedia untuk Asus Zenpad 7.0 (Z370CG), Zenpad 8.0 (Z380CG) dan Zenpad 10 (Z300C) walaupun sebenarnya khusus untuk yang Zenpad 10, dia jadi satu dengan keyboard dengan nama Audio Dock bukan Audio Cover.

Sementara untuk yang versi 7.0 (CA71) -yang gw uji ini- dan 8.0 (CA81) bentuknya sama hanya beda ukuran. Audio Cover ini merupakan sebuah cover flip tapi dengan keistimewaan yaitu speaker surround beserta batere yang terintegrasi. Dengan memanfaatkan contact pin khusus yang ada di bodi Zenpad, di balik covernya yang bisa dilepas, Audio Cover ini berkomunikasi dengan tabletnya.

Lalu apa sih hebatnya Audio Cover ini? Asus Audio Cover punya speaker 5.1 surround dengan komposisi 4 speaker utama, 1 center channel dan 1 subwoofer yang ditempatkan dalam 1 deret alias bar pada bagian “bawah” cover. Kalo bingung, bayangkan aja ini konsepnya mirip kaya Sound Bar yang sekarang cukup ngetren di kalangan pengguna Home Audio/Entertainment.

Ah, yang bener nih, boong kali! Ya benerlah, cuman jgn bayangkan speakernya gede-gede apalagi denger nama subwoofer langsung kepikiran yg biasa dipake buat Home atau Mobil. Gampangnya, semua unit speaker ini sudah dibikin sesuai “proporsinya”.

SIMAK JUGA >  [Review] Morrologic (Air) Shark : Kembar serupa tapi tak sama

Seperti disebutkan, Audio Cover ini punya batere sendiri, jadi dia tidak akan menguras batere tablet ketika digunakan. Terus ngisi batere nya gimana? ada dua cara. Pertama, diisi bersama dengan tabletnya. Ini dalam kondisi Audio Cover terpasang, jadi saat ngecas Zenpad, Audio Cover ini pun ikut di isi baterenya.

Cara kedua adalah dengan dongle mangetic yang disertakan, tinggal tempelkan sesuai posisi pin-nya, lalu colok kabel micro-usb ke dongle tersebut.

– lanjut halaman 2 –