Reviews

[Review] Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG : Lebih Cepat, Lebih Akurat

Bagi kebanyakan vendor smartphone, pasar kelas menengah dan bawah memang menggoda. Tapi, selain lebih mudah diterima di pasar, persaingan di kelas ini juga bisa dibilang “berdarah-darah”. Kalo di Indonesia, rentangnya itu di kelas 2jt-3jt rupiah lah. Nah Asus kali ini kembali membidik segmen tersebut dengan rilisan terbaru mereka khususnya di Indonesia.

Asus Zenfone 2 Laser, andalan yang cukup menjanjikan di kelas smartphone menengah/terjangkau. Loh kok ini Zenfone 2 lagi? Bukannya udah rilis ya tempo hari? Betul sekali, smartphone terbaru Asus ini masih menggunakan nama Zenfone 2, tapi dengan label ekstra untuk membedakan plus mencirikan fitur spesial. Jadi dari namanya saja, Zenfone 2 Laser, smartphone ini punya laser untuk membasmi musuh membidik lebih akurat.

KAMERA

Yak, persis kaya senjata Sniper, laser ini berguna untuk membantu akurasi dan juga kecepatan fokus dari KAMERA-nya. Sistem laser autofocus ini juga diyakini punya kecepatan 2x dari teknik autofocus konvensional terutama smartphone sekelas. Selain itu, kamera di Zenfone 2 Laser ini memang jadi andalan utama sih, makanya segudang fitur canggih dimasukkan semua.

Ngga cuma laser autofocus, kamera 8 Megapiksel-nya ini juga ditemani Dual Tone LED Flash buat foto remang yang lebih natural hasilnya. Sejujurnya, gw bingung, karena banyak banget fitur mantepnya kaya Super HDR, terus Low Light nya yg terkenal itu (support kamera depan juga), ga ketinggalan juga ada Beautification Mode buat yg demen selfie.

Yang berguna dan paling sering gw pake sih Manual Mode, jadi bisa berkreasi lebih lanjut kalo pengen motret. Dan yang seperti gw bilang di video reviewnya, kamera Zenfone 2 Laser ini cepat, dibantu laser autofocus, jadi focus pointnya pasti dapet dan shutter bisa lgsg ceklik dengan segera. Buat yang mau lihat hasil aslinya dalam bentuk file, lgsg klik aja nih di bawah

SIMAK JUGA >  [Trik] Hi-Res Audio di Zenfone 3 : bypass Audio Wizard

Outdoor/siang

 

 

 

 

 

 

 

HDR (Before -> After)

 

 

 

 

Indoor/Low Light

 

 

 

 

Low Light Mode

 

 

 

 

Lalu, namanya juga smartphone, ga kamera doank donk yg dibahas. Jujur, gw pas awal megang si Laser ini, deja vu banget dah, yah walaupun kecilan sih. Zenfone 2 Laser ini 5 inci dibandingkan Zenfone 2 dengan layar 5,5 inci. TAPI, nah ini nih yg wajib di catet! Zenfone 2 Laser jg punya varian dengan kamera 13 Megapiksel. Bedainnya dari serinya, yg Zenfone 2 Laser 8MP ZE500KG sementara yg 13 Megapiksel ZE500KL. Terus yg 13 Megapiksel itu udah LTE. Sisanya, sama. ๐Ÿ˜€

DESAIN & HARDWARE

Bodi lengkung khas Zenfone juga masi ga berubah, tapi kali ini gw demen desainnya, lebih nge-grip karena bahannya matte plus sedikit rubberized. Minusnya, walaupun kebal bekas jari, dia jadi magnet debu dan partikel-partikel kecil. ๐Ÿ™ Untungnya cukup mudah dibersihkan.

Yang gw suka, skrg bodinya lebih kompak untuk ukuran layar 5 inci. Apalagi dibandingkan dengan Zenfone 5 yg lama, beuh…

Ngerti kan mksd gw? ๐Ÿ˜›

Layarnya sendiri cakep yah, 720p di 5 inci, ga tajem banget kaya 1080p emank tapi 294ppi itu masih bisa diterima. Tampilan warna serta kontras dari layar IPS TruViViD ini bagus, dan brightnessnya CUKUP. Kok? Yah, walaupun sekarang uda mendingan, tapi entah kenapa kalo lagi terik di luaran, masih agak susah mau menatap layarnya.

Soal performa, smartphone dual-sim ini pakai SoC Snapdragon 410 dengan empat inti alias quad-core berkecepatan 1,2Ghz. Meskipun SoC ini “sejuta umat”, tapi gw rasa kinerjanya cukup memadai dan PAS di kelasnya. Ini termasuk soal konsumsi daya, karena batre Zenfone 2 Laser ini juga terbilang minimalis, 2070mAh.

SIMAK JUGA >  [Review] Armageddon Mikoyan Foxbat-III : Wireless dan Warna-warni

Tapi untungnya RAM sudah 2GB, jadi kinerja keseluruhan sistem mulus karena tidak kekurangan memori. Ini juga termasuk ketika gw coba memainkan game sekelas Vainglory yg termasuk cukup menyiksa hape dan ternyata masi lancar di Zenfone 2 Laser. ๐Ÿ˜€

SOFTWARE

ZenUI yang menjadi salah satu ciri khas jajaran Zenfone pun masih hadir di Zenfone 2 Laser ini. Tapi seiring dengan update-nya, sekarang ZenUI lebih bisa di kustomisasi. Icon, Font, efek layar, semuanya jadi mudah untuk bikin smartphone ini personal banget.

Oh iya, salah satu bagian dari ZenUI yang jadi favorit gw di update terbaru ini adalah Audio Wizard. Fungsinya masih mirip dengan versi sebelumnya, tapi sekarang ada lebih banyak kontrol lagi buat audio yg keluar dari Zenfone 2 Laser terutama dari speakernya yang suaranya gw acungi jempol, termasuk salah satu yg bersuara bagus.

ย  ย 

 

FINAL VERDICT

Zenfone 2 Laser ditawarkan Asus di Indonesia seharga Rp.1.999.000 untuk varian ZE500KG. Untuk harganya, banyak fitur yang ditawarkan yang menurut gw bisa lebih dari harga tersebut. Laser autofocus yang jadi fokus utama smartphone ini mungkin terlihat agak gimmicky, tapi tunggu sampai anda mencobanya, anda akan rasakan bahwa fitur ini amat membantu ketika memotret. Spesifikasi utama sistemnya pun menjamin pengalaman ber-smartphone yang baik serta mulus untuk keseharian Anda. Jadi apakah Zenfone 2 Laser ini worth to buy? Tentu saja. ๐Ÿ˜‰

VIDEO REVIEW
Saksikan lebih lanjut untuk review dari Asus Zenfone 2 Laser di video ini.

SPESIFIKASI