Reviews

[Review] Asus ZenPower : Big Power in small size

Sekarang ini, kata orang kebutuhan pokok itu bukan lagi tiga tapi empat. Sandang, Papan, Pangan dan Casan alias Charger-an. Percaya atau tidak tapi inilah yg terjadi. Dan daripada repot bawa casan ke mana-mana yang belum tentu juga ada outlet listrik alias colokan, akhirnya orang-orang banyak yg bawa portable charger atau powerbank. Kali ini gw kedatangan powerbank dari merek yang mungkin tidak kepikiran bakal mengeluarkan produk begini ke pasaran. Inilah Asus ZenPower.

Jujur aja, gw bukan tipe orang yang suka bawa dan pake powerbank dan untungnya hape gw cukup bisa diandalkan soal konsumsi baterai, at least sangat cukup untuk menemani gw seharian beraktifitas sebelum di isi ulang lagi malamnya.

Asus ZenPower, produk powerbank dari Asus yang dikenalkan bareng dengan Asus Zenfone 2 sekitar bulan April silam. Hal pertama yang ditonjolkan adalah ukurannya yang kecil, kira-kira sebesar kartu kredit/ATM lah. Walaupun ga persis, tapi kurang lebih segitu lah, jadi ga repot kalo mau dibawa-bawa. Selain itu ZenPower ini kokoh banget, bobotnya juga lumayan, jadi sekiranya jatuh terus nimpa kaki, lumayan bikin nyut-nyutan juga 😛 .

Powerbank ini punya kapasitas 10.600 mAh. Kapasitasnya termasuk besar terutama mengingat ukuran fisiknya. Konon katanya powerbank ini pakai battery cell buatan Panasonic jadi setidaknya lebih meyakinkan dibandingkan powerbank “tanpa merek” yang gampang ditemukan di pasaran. Kapasitas sebesar itu cukup untuk mengisi ulang lebih dari 2x hape dengan baterai 3000 mAh seperti Zenfone 2. Jadi kalo hape kamu punya kapasitas baterai lebih kecil, sekitar 2000-an mAh, ZenPower ini bisa buat cadangan beberapa hari misalnya pas jalan-jalan.

Pengunaannya simpel, port Micro-usb untuk mengisi ulang powerbank, port USB untuk mengalirkan arus ke gadget. Ada satu tombol power untuk mengecek kapasitar baterai pada powerbank yang ditandai dengan empat LED. LED ini punya dua status, menyala terang dan setengah terang. Pembacaan statusnya mudah, hitungan kasarnya 100% bagi 4 jadi satu LED kasarnya 25%.

SIMAK JUGA >  [Review] MiFa A10 : Bandel dan Menggetarkan

Untuk urusan mengecas gadget, ZenPower mampu mengalirkan arus hingga 2.4A yang tentu saja akan disesuaikan dengan kemampuan gadget penerimanya. Begitu juga dengan arus untuk mengisi powerbanknya. Berdasarkan pengalaman gw dengan 3 kali isi ulang powerbank menggunakan charger 2A, ZenPower ini akan penuh dalam sekitar 7 jam. Kalo mau ngecas ditinggal tidur juga tidak apa2 karena ZenPower ini dilengkapi dengan berbagai macam proteksi biar powerbank (dan juga gadget) tidak rusak karena arus listrik.

Overall, Asus ZenPower ini bisa jadi pilihan kalo kamu butuh powerbank terutama buat heavy-user yang sering kerepotan nyari colokan atau nangkring di colokan karena ga bisa lepas dari gadgetnya. Kapasitasnya yang tergolong besar amat membantu untuk dipakai beberapa kali dan yang paling penting proteksinya berguna untuk memperpanjang umur gadget serta powerbank itu sendiri.