Speaker multimedia sekarang ini pemainnya mungkin tidak seramai dulu. Apalagi PC gaming yang mayoritas menggunakan headphone. Tapi masih banyak juga yang pakai sistem speaker untuk menemani PC nya. Salah satu merek legendaris yang masih eksis adalah Edifier.

Buat yang belum kenal merek ini, Edifier sudah termasuk merek jadul, walau tidak setua Altec Lansing, tapi mereka sempat satu era dimana persaingan speaker multimedia lagi panas-panasnya. Dan secara pribadi, merek ini cukup dekat buat gw. Kenapa? Karena 12 tahun yang lalu gw pertama membeli speaker Edifier dan sampai sekarang masih bagus walaupun sudah gw modif, tapi komponen, driver, dan kabinet (kotak) nya masih sangat bagus. 😀

Oleh karena itu, mempersembahkan, inilah tersangka utama review kali ini, Edifier XM6PF.

Dimensi packagingnya termasuk besar karena XM6PF ini sistem 2.1 dengan unit subwoofer 6.5 inci. Bobotnya juga lumayan, karena konstruksinya semua berbahan kayu. Nanti kita bahas spesifikasinya. Mari kita lihat dulu penampakannya.

Dengan warna dasar hitam, satelit speaker ini diberi aksen silver yang menurut gw cakep. Di taruh di meja di samping monitor terlihat enak aja gitu. Satelit ini terdiri dari 2 driver, 1 driver midrange 3 inci dan 1 tweeter 10mm. Yang gw sayangkan adalah kabelnya yang permanen, panjangnya sih panjang banget, lebih dari cukup untuk standar meja PC. Tapi buat yang doyan ngoprek kayak gw, kabel permanen ini agak menyulitkan seandainya mau ganti kabel yang bagusan misalnya buat ganti karakter suara dan semacamnya.

Unit subwoofernya menggunakan driver 6,5 inci dengan lubang port di sisi kiri.

Sementara panel kontrol berada di sisi kanan. Di panel ini terlihat cukup ramai. Mulai dari tombol-tombol pengaturan, port input dan output ke satelit.

Dan seperti yang terlihat, ada slot SD CARD serta port USB. Ini karena selain input audio “tradisional” melalui jack 3.5mm (AUX), speaker ini juga punya fungsi memutar file audio langsung dari storage memory card atau pun flashdisk. Bonus, ada fungsi FM Radio juga. Komplit ya 😀

Oh iya, XM6PF ini menyediakan remote mini yang tentunya sangat berguna mengingat sudah pasti panel pada subwoofer ini nantinya susah dijangkau karena biasanya berada di bawah dan (ujung) belakang.

SIMAK JUGA >  [Review] ASUS Zenfone Max Pro M1 : Comeback Is Real

Singkat cerita, setelah gw pasang di meja PC gw, langsung gw nyalakan. Gw menggunakan kabel stereo 3.5mm yang disertakan. Kualitasnya terbilang standar sih, tapi sebelum gw pakai kabel custom, gw mau tahu dulu seperti apa suaranya dalam kondisi ‘normal’ dengan semua yang diberikan dari pabrik.

Dan keluhan awal muncul. Kontrol volumenya full digital, yang artinya tidak ada indikator volume. Kalau biasa kita bisa putar volume misalnya, seperempat, atau setengah, di XM6PF ini tidak bisa tahu posisi persis itu. Jadi pakai kira-kira. 🙁 Harusnya ada indikator berupa LED atau sejenisnya.

Untungnya untuk volume subwoofer alias bass masih pakai knob putar dan gw set posisi di angka 10 yang menurut gw udah cukup.

Lanjut soal fitur ekstra seperti media player, baik slot USB ataupun slot SD Card nya bisa dipakai buat muter file audio langsung. Jenis format yang disupport adalah mp3 dan wma. Yep, kuno, karena sama sekali ga support flac atau m4a (aac). Sementara untuk fitur FM Radio nya, yah, sangat sederhana, karena serba otomatis. Jadi kita tinggal scan, dan dia akan otomatis menangkap dan menyimpan channel dari stasiun radio yang didapat dengan jelas. Ya cukup lah buat selingan kalau memang doyan dengar radio.

Kualias Suara

1-2 minggu pertama (60jam ++)

Impresi awal dengar lagu dengan XM6PF adalah jernih. Musik terdengar open, agak bright tapi terasa lepas tanpa kesan menusuk. Gw coba dengar lagi baik-baik, ketahuan kalau karakternya adalah lembut. Buat musik ballad, slow, dan vokal, enak banget. Mayoritas lagu pop juga mengalir dengan indah. Kabar baiknya, tweeter pada unit satelit adalah driver beneran, bukan hiasan doang. Ada lho yang tweeternya cuma hiasan doang buat tampang 😛

Kekurangan dari speaker ini baru terlihat (atau terdengar) ketika diputarkan lagu rock atau lagu dengan dinamika tinggi. Tempo sih masih bisa mengejar, tapi gregetnya terasa kurang dapat misalnya greget renyah dari distorsi gitar.

Karakter lembut ini juga sampai ke sektor low alias bassnya. Subwoofernya ini bertenaga, dan bisa dibilang membahana, juga cukup bisa untuk main rendah (sub bass), tapi tendangannya kadang terasa agak kurang. Semakin terasa ketika dicoba dengan film yang penuh dengan aksi tembakan dan ledakan. Ada greget yang kurang. Untungnya kalau mau ajeb-ajeb sih masih enak karena kontrolnya baik, dan cukup gesit.

SIMAK JUGA >  [Review] Vortexseries VX5 : Minimalis dan Manis

Yang gw suka adalah staging dan separation nya top. Untuk ukurannya, satelit kecil ini bisa menghadirkan staging yang mewah. Dengerin rekaman Live enak banget pakai speaker ini. Separasi instrumen pun tersaji dengan baik. Vokal juga maju meskipun agak kurang padat.

Tenaga total 48W mungkin terlihat kecil secara angka, tapi percayalah, untuk ukuran kamar standar, lebih dari cukup. Bahkan kalau mau taruh di ruang keluarga dijamin sangat cukup tenaganya.

Overall tonalnya memuaskan dan menyenangkan. Gw sudah menyiapkan rencana modifikasi untuk meningkatkan (semoga) kualitas suaranya. Paling gampang ya ganti kabel interconnect mengingat kabel satelit permanen dan gw ngga akan bongkar dulu, sayang euy 😀


Verdict

Untuk ukuran speaker multimedia, Edifier XM6PF menghadirkan solusi audio yang menarik terutama untuk pengguna PC karena mayoritas target speaker multimedia adalah pengguna PC. Fitur tambahan seperti audio player dan FM Radio mungkin akan jarang digunakan ketika sudah dihubungkan ke PC. Sebenarnya ada satu varian lagi yaitu XM6BT dimana ada tambahan fitur konektivitas Bluetooth yang mungkin lebih menarik. Tapi yang paling penting adalah suaranya bukan? Kabar baiknya speaker ini gw bisa bilang memuaskan suaranya apalagi kalau karakter suaranya memang cocok di telinga. Jadi apakah recommended? Yep, sangat. Aku sih yes.

87 100 1
87%
Average Rating

EDIFIER XM6PF

Speaker 2.1 yang ditujukan buat pengguna PC / Multimedia ini sangat mengesankan. Fiturnya lebih dari cukup untuk pengguna PC atau bahkan ruang santai keluarga. Hal ini karena tenaga yang dimilikinya sangat cukup untuk mengisi lebih dari sekedar kamar. Satu-satunya yang menjadi faktor pertimbangan memilikinya, seperti speaker lain juga, adalah karakter suara. Kalau merasa cocok dengan selera Anda, terutama genre musik yang biasa didengarkan, Edifier XM6PF ini harus Anda pertimbangkan baik-baik untuk masuk ke daftar belanja. An absolute YES from me. 😀

  • Overall
    87%