Reviews

[Review] Gamesir F1 : Grip Buat Nge-game Makin Sip

Mobile gaming bukan hal baru, sejak smartphone banyak dipakai untuk main game, beragam pula aksesoris diluncurkan. Umumnya sih gamepad atau joystick tapi kali ini gw mau nyobain yang namanya game grip. Gamesir F1, sebuah mobile game grip, untuk menambah kenikmatan bermain game. Seberapa nikmat?

Jadi tren gaming pake hape a.k.a smartphone itu nggak cuma pakai gamepad bluetooth. Mobile game grip juga sudah banyak bermunculan. Setelah liat sana sini, akhirnya gw memutuskan untuk nyobain game grip dari Gamesir. Buat yang masih cukup asing, Gamesir sudah cukup ternama soal gamepad wireless. Produk mereka bahkan nggak cuma kompatibel dengan smartphone, tapi juga bisa buat PC lewat konektivitas bluetooth.

Dan inilah, Gamesir F1.

gamesir-f1-review-1

Buat yang nanya kotaknya mana? isinya apa aja? Well, kotaknya sengaja nggak gw foto karena agak penyok, biasa lah, pengiriman. Lalu isinya ya benar-benar cuma game gripnya ini doang. Bahkan nggak ada kertas apapun walaupun sekedar basa basi soal produknya. Ekonomis lah 😀

Gamesir F1 ini menganut form-factor retracable alias bisa melar dengan per di sisi kiri dan kanan. Menurut spesifikasinya, muat untuk smartphone berdimensi minimal panjang 140mm alias 14cm atau kira-kira yang punya layar 4,3 inci keatas sampe maksimum 6 inci.

Disisi kiri kanan ada lubang-lubang untuk colok kabel cas atau earphone DENGAN CATATAN posisinya pas, berdasarkan pengalaman gw, lubang ini pas kalau hapenya nggak pakai case.

gamesir-f1-review-5

Di belakang ada semacam stand yang bisa diatur ketinggiannya jadi bisa juga jadi dudukan smartphone misal kalau mau nonton video.

gamesir-f1-review-2

Salah satu fitur tambahan adalah tombol analog kapasitif (MOBA kok analog 😛 ), yang bisa diposisikan sedemikian rupa agar pas menempel di layar. Tombol analog ini suprisingly cukup enak digerakkan tapi pada akhirnya nggak gw pakai. Nanti gw jelaskan di bawah.

SIMAK JUGA >  [REVIEW] Asus Zenfone Selfie : Penganut aliran narsisme

gamesir-f1-review-3

Overall build quality nya terbilang baik, plastik yang digunakan cukup solid dan grip nya menjepit smartphone dengan mantap, jadi aman lah, nggak akan terbang lepas tiba-tiba 😀 .

Nah bagaimana setelah pakai game grip ini?

Pertama, gw ngerasa posisinya untuk main MOBA macam Mobile Legends atau AOV agak kurang nyaman karena tombol aksi dan kendali (dpad) berada di bawah, jadi jempol pegel juga lama-lama. Solusinya adalah di geser naik sendiri smartphonenya. Bahkan di gambar promosinya pun, posisi ‘natural’ tombol itu agak di atas (bayangkan gamepad/joystick Playstation atau Xbox deh)

gamesir-f1-review-6

gamesir-f1-review-4

Kedua, tadi gw bilang gw lepas tombol analognya, kenapa? karena tidak responsif, tombolnya sih enak, tapi karena dia mungkin menggunakan teknik induksi kapasitif, jempol harus pas di elemen metal pada tombol tersebut agar layar bisa menerima input. Intinya, gerakan macet-macet. Jadi akhirnya gw lepas aja lah, langsung sentuh layar aja.

Oke, jadi apakah dengan harga seratus ribuan (iya gw beli ini cuma seratus ribuan, barangnya impor sih 😛 ) Gamesir F1 ini worth? Gw bilang sih iya terutama yang sering bermain game mobile. Karena grip smartphone memang jadi lebih enak sesuai namanya game grip. lol.

 

73 100 1
73%
Average Rating

Gamesir F1

Mobile game grip keluaran Gamesir ini merupakan salah satu alternatif solusi mobile gaming yang lebih nyaman. Meski terbuat dari plastik dan tetap bikin tangan keringatan, tapi genggaman terasa lebih nyaman. Hanya saja, mungkin harus diposisikan sesuai game yang dimainkan dan kontrol analog-nya kurang pas.

  • Overall
    73%