[Review] Haylou GT1 : Bluetooth Earphone TWS Terpopuler

Reviews

Dari sekian banyak earphone bluetooth TWS di pasaran, Haylou GT1 adalah salah satu produk dengan penjualan fantastis tahun lalu dan sepertinya masih berlanjut di tahun ini. Kok bisa?

Mungkin sebagian besar dari Anda pasti merasa asing dengan merek yang satu ini, sama, gw juga. Awalnya gw mengira ini merek random yang yaaa kualitasnya so-so lah. Tapi kemudian gw lihat unit terjualnya banyak banget di salah satu marketplace. Salah satu faktornya adalah harganya yang murah, sekitar 200-ribuan. Okelah, gw putuskan untuk cobain juga, dan akhirnya tibalah Haylou GT1 ini di tangan gw.

Oh iya tadi belum gw sebutkan soal merek Haylou ini ya, konon katanya ini merupakan anak perusahaannya Xiaomi. Makanya nggak heran kalau banyak seller yang akan nulis produk ini “Haylou by Xiaomi” atau semacamnya. Anyway, lanjut ke produknya.

Haylou sendiri punya beberapa produk untuk lini earphone TWS nya, mulai dari GT1, GT1 Pro, dan GT2. Untuk yang GT1, perbedaan versi polos dan yang Pro adalah versi Pro punya indikator baterai pada case-nya.

Ini lah penampakan dari Haylou GT1.

Yap, mungil dan sekilas terlihat biasa aja, terutama case-nya. Case-nya ini hanya ada port micro-usb untuk ngecas. Seperti earphone TWS pada umumnya juga, earphone akan otomatis di cas ketika dimasukkan ke dalam case.

Indikator kecil akan menyala berwarna merah menandakan sedang ngecas.

Sayang sekali, disinilah kelemahan atau kekurangan GT1, kita tidak tahu seberapa kapasitas baterai di case-nya alias tidak ada indikator baterainya. Fitur ini cuma ada di GT1 Pro.

GT1 Pro vs GT1

Lanjut ke unit earphone nya sendiri, dengan model in-ear, earphone ini terlihat cukup imut, membulat seperti kacang 😛 Ketika dimasukkan ke kuping hanya menonjol sedikit.

SIMAK JUGA >  [Review] Vortexseries VX5 : Minimalis dan Manis

Nah di sisi luar earphonenya ada sensor sentuh dengan fungsi tertentu seperti kalau di tap sekali untuk Play/Pause, tap dua kali untuk Skip Track alias Next/Previous dan yang terakhir tap tiga kali untuk meluncurkan Assistant seperti Google Assistant.

Meluncurkan Google Assistant ini sangat berguna, kenapa? Salah satunya untuk kontrol volume karena di TWS ini tidak ada fungsi volume, jadi harus langsung dari smartphonenya.

Gimana dengan suaranya? Nah ini dia yang tidak kalah penting.

Impresi pertama gw waktu dengerin GT1 ini adalah fun. Tonal balancenya terasa pas, enak buat macam-macam genre musik. Bassnya nendang, midnya cukup dan tidak mundur. Yang agak kurang mungkin di nada atas alias high nya. Terlalu renyah menurut gw, tidak menusuk memang tapi rasanya terlalu ringan bahkan berasa hilang.

Overall karakternya termasuk agak warm dan untuk earphone TWS kelas entry begini sih suaranya bagus dan enak.

Yang gw agak kurang suka sih adalah justru di sensor sentuhnya, tersentuh sedikit saja, langsung eksekusi perintah. Paling sering tentunya adalah waktu pasang/copot earphone, jadi lagu atau video yang sedang diputar akan pause/play beberapa kali.

Sementara untuk stabilitas koneksi bluetooth aman karena selama gw pakai baik di kantong ataupun gw tinggal smartphonenya tidak mengalami putus-putus selama masih dalam radius normal bluetooth.

Baterainya gimana?

Nah, Haylou GT1 punya baterai dengan kapasitas 40mAh di masing-masing unit atau sebutannya buds-nya. Sementara case-nya punya baterai 300mah. Daya tahan untuk memutar musik kurang lebih 3-4 jam. Uniknya, karena sebenarnya bisa dipakai sebelah saja, kalau dipakai salah satu, baterainya bisa bertahan lebih lama mungkin 5 jam lebih. Nggak pernah gw coba sih pakai sebelah aja apalagi buat dengerin musik. 😛

SIMAK JUGA >  [Review] Super Mario Run : Akhirnya Berlari di Android

Soal ngecas di case, kurang lebih bisa 3x isi ulang dari kosong ke 100%, tapi yah begitu, kalau case-nya habis baterai, satu-satunya cara untuk tahu adalah ketika earphone diletakkan di dalam, dia akan menyala, kedip-kedip standby, bukan indikator charging.

Tentu ada yang penasaran buat main game gimana? Jawaban gw adalah, lupakan. Karena seperti kebanyakan bluetooth audio, sudah pasti delay dan sayangnya delay GT1 cukup terasa. Lalu buat video gimana? Ini juga berefek ke video, tapi, hanya akan terasa kalau banyak aksi cepat, kalau cuma nonton drama atau suaranya santai, aman terkendali.

Terakhir adalah fungsi telfonan yang berakhir dengan kurang memuaskan. Ini karena posisi mic di GT1 kurang baik terutama ketika sudah masuk ke telinga. Ingat tadi gw bilang pakai Google Assistant buat atur volume? Nah sayangnya kita harus agak keras ngomongnya baru tertangkap di mic dan dijalankan perintahnya. Hal ini sama ketika telfonan yang efeknya suara kecil dan kurang jelas 🙁

81 100 1
81%
Average Rating

Haylou GT1

Earphone Bluetooth TWS entry level ini menawarkan price/performance yang sangat baik. Keunggulan dari sisi suara serta daya tahan baterai yang baik, nggak heran kalau banyak banget yang beli. Sayangnya kualitas mic yang kurang baik serta delay yang cukup tinggi bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melirik yang lain buat Anda yang butuh kedua hal spesifik ini. Selebihnya, buat yang mau coba atau baru kenal dengan earphone bluetooth TWS, Haylou GT1 bisa jadi pilihan.

  • Overall Score
    81%

Karuna

Karuna

A Tech and Gadget 'opreker', Full time internet surfer, WWE fan since '99, and big fan of Japanese pop culture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *