Reviews

[Review] Menagih janji : Uji coba 4G LTE Smartfren

Buat yang ngikutin perkembangan telekomunikasi di negeri ini, pasti tau kalo salah satu operator, Smartfren, lagi gencar-gencarnya promosiin jaringan baru mereka. Smartfren bisa dibilang curi start menggelar jaringan 4G LTE komersil langsung di beberapa kota di indonesia sementara operator “standar” lainnya masi sibuk menata frekuensi buat nanti digelarnya 4G LTE. Jadi tentu saja donk, gw sebagai pengguna aktif koneksi internet pengen tau, seberapa hebat sih janji (iklan) yg mereka sebarkan ini.

Sebenarnya, Smartfren sudah beberapa bulan menggelar 4G LTE ini di kota gw, Batam. Termasuk yang pertama malah. Tapi sayangnya mereka mengharuskan membeli produknya, smartphone atau Mi-Fi Andromax. Lha, gw smartphone aja berserakan di lemari, pikir-pikir buat apa gw nambah lagi, toh gw cuma butuh jaringannya, karena device LTE gw uda punya. Jadi setelah “terpaksa” menunggu beberapa bulan, akhirnya gw dapat juga SIM CARD Smartfren 4G LTE. Caranya gmn tuh? cari tau sendiri ya, atau ntar tunggu perdananya mulai banyak dijual. 😛

Singkat cerita, akhirnya gw colok itu ke salah satu hape gw yg support LTE Smartfren, tepatnya kedua frekuensinya. FYI aja nih, Smartfren pake dua frekuensi, 850mhz dan 2300mhz serta dua mode yakni TDD dan FDD. Jadi cek dulu device masing-masing kalo mau pake operator yang satu ini. Oke kita langsung ke hasil uji coba jaringannya saja.

Pertama gw coba di rumah, dalam kamar, dapat speednya segini. Ini uda gw tes 3 4 kali, ga banyak berubah, kira-kira segitulah rata-ratanya.

Terus gw coba jalan ke area Kepri Mall dan dapat segini

Lanjut lagi ke dan ini adalah hasil uji kecepatan di area Pelita tepatnya seputaran kantor Telkom

SIMAK JUGA >  The LG G4 is coming, this April, says the Official Teaser

Kemudian gw teruskan ke area Nagoya Hill dan dapat segini

Agak ke sana sedikit, ini hasil sekitar Hotel Harmoni di kawasan jodoh

Terakhir karena gw punya firasat jangan-jangan kalau di area Galeri Smartfren nya sendiri malah lebih kencang. Daaannn benar sekali, inilah hasil speedtest di seberang galeri Smartfrennya.

Catatan, semua uji ini gw lakukan di lingkungan outdoor tepatnya dalam mobil kecuali yang paling pertama. Dan sepengalaman gw, penetrasi jaringan 4G LTE Smartfren untuk Indoor masih kurang bagus terutama untuk LTE TDD nya. Jadi expect penurunan kecepatan kalo berada di dalam ruangan.

Kesimpulannya, bagus, meski tidak SANGAT CEPAT sebagaimana yang mungkin dibayangkan apalagi mengingat promosinya yang termasuk WAH, tapi selama gw uji dan pake, kecepatannya hampir tidak pernah turun di bawah 5Mbps, selalu berada di kisaran 10-15Mbps dan peak diatas 20Mbps dalam kondisi tertentu.

Dan tentu saja, selalu ada keluhan. Pertama, meskipun kencang dan respon cepat (ping rendah) tapi sering bengong tiba-tiba dan RTO, cukup mengganggu apalagi kalau lagi nge-game. Kedua, DNS-nya Smartfren kurang bagus mesti diakali sendiri soalnya kadang ga konek ke alamat tertentu, pernah malah instagram ga bisa load foto2nya. Besoknya baru bisa. Aneh emank 🙁

Yaahh overall okelah, sebagai alternatif koneksi internet cepat, Smartfren 4G LTE ini bisa jadi pilihan dan semoga saja tarifnya bisa turun, kan lumayan 😛