2 – 3 tahun belakangan ini popularitas speaker portable kayaknya meningkat drastis. Banyak sekali, mulai dari yang generik alias merek nggak jelas 😛 , sampai yang harganya jutaan karena dibuat oleh pemain lama audio. Nah kali ini gw punya produk dari pendatang baru nih, imut pula bentuknya. Yuk disimak.

Buat yang masih asing, Mifa Innovations LLC ini KATANYA anak perusahaan Xiaomi, entah anak perusahaan atau sister company. Yang jelas, produk atau spesialisasinya adalah di sektor audio. Jadi kalau buka situs mereka di www.mifalife.net , isinya itu ya speaker semua, mayoritas portable dan outdoor.

Nah tapi ternyata mereka juga punya produk yang berbeda dari mayoritas jajaran produknya. Mifa H1, adalah sebuah portable speaker tapi tidak berbasis bluetooth. Speaker ini masih mengandalkan jack audio 3,5mm (EHEM!) tapi dengan bentuk yang tidak biasa. Oya, catatan sedikit, ternyata speaker ini di luar namanya Mifa S1.

review-mifa-h1-4

Kalau dilihat langsung mungkin agak bingung, tapi begitu dicolokkan ke hape, baru deh paham kenapa desainnya begini. Yap, speaker ini dirancang agar bisa jadi stand buat hape.

review-mifa-h1-1

Mifa H1 sendiri simpel banget, cuma ada tombol on/off, led status dan port Micro USB buat isi ulang baterai nya. Nggak ada tombol apapun, jadi tinggal colok dan enjoy. Itulah kenapa di paket penjualannya hanya ada kabel Micro USB. Pengaturan volume sepenuhnya dari hape.

Lalu gimana suaranya?

Hal pertama yang gw notis dari speaker mungil ini adalah KERAS. Pada 75% volume hape, suaranya udah sangat cukup buat menuhin ruangan. Tewas lah speaker internal hape sama Mifa H1. Tapi keras doang percuma kalau kualitasnya jelek. Soal kualitas suara, menurut gw cukup oke, vokal dan nada tengah atau mid terdengar jelas. Highnya agak tipis dan yang cukup mengejutkan speaker kecil ini masih bisa menghasilkan nuansa nada rendah atau bass yang lumayan.

SIMAK JUGA >  [Review] Imperion Sledgehammer 10 : Keyboard Murah yang Sangat Meriah

review-mifa-h1-5

Yang unik juga, suaranya bisa berbeda berdasarkan medium apa kita taruh hape+speakernya ini. Gw taro di lemari rak full kayu, suaranya lebih nge-bass ketimbang di meja PC gw yang campuran kayu dan metal. Karena memang, waktu dia “bernyanyi”, Mifa H1 ini cukup bergetar jadi pantulan atau resonansi suara ke bidang sekitar pengaruh ke suaranya. 😀

Oke lalu apa minusnya? Nah seperti speaker kecil pada umumnya, distorsi mulai terjadi di volume hampir full ~90%. Antara memang kemampuan driver speakernya atau bodi plastiknya yang bergetar hebat.

Satu hal lagi, karena desainnya yang unik, posisi speaker ini bergantung sama posisi jack audio hape. Optimalnya sih kalau posisi headphone jack berada di bawah dan agak pojok, tapi kalau posisinya ada di atas, tinggal dibalik hapenya. Jelasnya lihat foto di bawah, udah gw cobain di beberapa model posisi headphone jack. Nah kelemahannya, buat yang pake case hape tebal, nggak bisa dicolok deh 😀

review-mifa-h1-3

review-mifa-h1-2

Terakhir, baterenya tahan berapa lama sih? Karena tidak ada keterangan pasti alias dicantumkan, berdasarkan pengalaman gw mungkin lebih bisa sampe 10 jam kali ya, nggak hitung pasti dan nggak ketemu keterangan soal daya tahan baterenya.

Overall gw cukup puas dengan Mifa H1 ini, sebuah speaker portable dengan desain yang tidak biasa. Cuman kalau yang sudah terbiasa pakai speaker bluetooth, mungkin agak ribet karena tidak leluasa menggunakan hapenya ketika tersambung dengan speaker ini. Jadi rekomen kah produk ini? Kalau ingin atau suka dengan produk unik yang agak-agak nyeleneh, gw sih rekomen. 😀

 

 

80 100 1
80%
Average Rating

Mifa H1

Mifa H1 merupakan sebuah speaker portable yang unik, dengan kombinasi kemampuan suara yang baik dan desain tidak biasa. Fungsi 'kedua' sebagai stand smartphone membantu terutama para penikmat video. Hanya saja perhatikan besar volume yang diberikan agar suaranya tidak pecah.

SIMAK JUGA >  [Review] Sonicgear Vibra 5 : Rasakan getarannya
  • Overall
    80%