Reviews

[Review] Sonic Gear Quatro 2 : Ringkas dan Lantang

Di era serba mobile dan portable ini, gadget macam smartphone dan tablet memang menjadi primadona. Sementara kalo butuh yang lebih powerful, ada laptop ultraportable yang makin tipis dan ringan. Tapi kalau mau jujur, kebanyakan dari device portable ini punya keluaran suara yang cukup, yah karena keterbatasan faktor fisik juga sih. Di sini lah speaker kaya Sonic Gear Quatro 2 ini muncul sebagai pelengkap.

Sonic Gear Quatro adalah speaker portable dan model Quatro 2 ini terdiri dari 2 speaker yang ukurannya kecil. Kasarnya, kira-kira sebesar minuman kaleng ukuran standar. Gw suka build quality dari si kecil ini, desain plastik dengan brushed aluminium plus aksen warna di frame driver speaker bagian depannya bikin overall tampilannya menarik.

Sonic Gear Quatro 2 menggunakan power dari port USB, ya karena itu jadi gampang dibawa tinggal colok ke powerbank atau port USB kalau sedang pakai laptop. Catatan teknis, usahakan sumber powernya ini bagus misalnya jangan colok ke USB Hub kalau pakai di laptop, langsung colok ke port USB di laptop biar keluaran suaranya prima.

Ngomong-ngomong soal teknis, Quatro 2 pakai driver 2 inci ditemani dua buah pasif radiator berukuran sama di sisi kiri kanan yang mereka sebut Sonic Gear Bass Reflex. Sebenarnya konsep ini bukan baru, sudah cukup lama dan digunakan juga oleh beberapa vendor lain. Nilai plus Sonic Gear Quatro 2 ini terdapat di adanya panel volume kontrol terpisah yang gw pribadi merasa cukup berguna jadi bisa langsung atur volume dari situ tanpa harus melalui sumbernya.

Oke, kita ke suara. Kesan pertama gw, JELAS. Quatro 2 mampu menghadirkan suara yang JELAS terutama untuk area mid dan vokal. Suaranya juga terbilang bersih. Cocok banget buat lagu ballad, mellow dan akustik. Dihajar sedikit pop/rock juga masih oke, sayang sekali tidak untuk lagu beat cepat apalagi ajeb-ajeb (ya iyalah 😛 ). Pasif radiator yang digunakan sedikit banyak membantu menambah sensasi nada rendah sehingga keseluruhan tonal balance-nya cukup baik. Ingat, sensasi, bukan dentuman. (ya iyalah *lagi* 😛 )

SIMAK JUGA >  [Review] Haylou GT1 : Bluetooth Earphone TWS Terpopuler

Sekarang ke minusnya. Pertama, jangan memutar speaker ini dengan volume keras. Memang, ia bisa bersuara keras dan lebih dari cukup untuk mengisi ruangan ukuran sedang. Tapi, suaranya mulai kurang enak di volume besar. Kesan ‘boxy’ terasa sekali karena limitasi ukuran fisiknya. Kedua, agak spesifik ke suara, terkadang pada beberapa lagu, suaranya terkesan bertumpuk atau bisa dibilang separasinya kurang bagus. Sama terakhir, ntah kenapa gw kurang suka sama desain kabel asimetrisnya yg lebih pendek di kanan.

Yah, dengan segala kekurangannya, gw bisa bilang Sonic Gear Quatro 2 bisa dilirik kalau kamu kurang puas dengan suara dari speaker gadget atau mungkin laptop. Ia memang tidak akan menghadirkan suara gahar tapi ingat ukuran speaker ini plus harganya juga relatif murah. Overall, Sonic Gear Quatro 2 is good for a cheap portable speaker.