Perangkat multifungsi memang punya nilai lebih dibandingkan dengan satu fungsi saja. Printer multifungsi contoh paling gampang. Terus gimana kalo speaker multifungsi? Sonic Gear Quatro V, varian dari seri Quatro yang gak cuma mengedepankan portabilitas tapi juga beberapa fungsi sekaligus. Istilah kerennya, Versatility.

Oke jadi langsung saja, maksudnya gimana? Sonic Gear Quatro V tidak cuma berfungsi layaknya speaker pada umumnya dimana kamu mencolokkan jack stereo ke sumber kaya laptop atau player, tapi kamu juga bisa memanfaatkan source lain seperti flashdisk atau micro-sd. Bosan dengan koleksi lagu yang itu-itu saja? Tinggal ganti Mode-nya ke radio dan beragam siaran bisa dinikmati.

Karena itu Sonic Gear Quatro V dilengkapi panel di bagian depan woofer/speaker utamanya. Ada indikator LED berwarna biru ketika sistem aktif. Gw kurang suka panel ini karena selain tombolnya keras, kurang nyaman juga mengatur volume dari panel ini. Untungnya, ada remote control yang bikin navigasi Mode dan fungsi lainnya lebih mudah.

Bisa dibilang Sonic Gear Quatro V ini merupakan sistem 2.1 mini, karena ukurannya kecil bila dibandingkan speaker 2.1 “standar” yang ada di pasaran. Kedua buah satelitnya bahkan lebih kecil dibandingkan Sonic Gear Quatro 2 yang gw review disini. Sementara woofer yang juga merangkap panel pusat berukuran lebih besar dengan driver 3 inci plus pasif radiator untuk menghadirkan respon nada rendah atau bass yang lebih baik. Dan iya, Quatro V ini masi masuk kategori portable karena mengandalkan power dari port USB yang dengan mudah bisa kamu supply melalui powerbank, laptop ataupun adaptor/charger hape.

Lalu sampailah kita ke soal suara. Suprisingly, suara dari Sonic Gear Quatro V ini tidak lebih baik dari Quatro 2. Memang, bass-nya sedikit lebih baik, namun kedua satelit speakernya menghasilkan tonal yang lebih kasar. Gw jg mendapati bahwa volume satelitnya lebih besar dibandingkan volume woofernya.

SIMAK JUGA >  [Review] SonicGear Space 3 : Hemat Tempat dan Kantong

Untuk lagu berjenis pop/rock atau yang lebih lagi metal, terasa cocok, namun sekali lagi agak kurang nyaman juga karena nada mid-high nya agak kasar. Untuk mengurangi efek ini bisa mengakalinya dengan menempatkan woofer persis di tengah diantara satelitnya atau terlebih lagi, mainkan settingan equalizer di player yang sayangnya bukan pilihan seandainya kamu mengandalkan USB flashdisk atau micro-sd sebagai sumbernya.

Jadi overall, Sonic Gear Quatro V menawarkan kemudahan dengan kemampuan menerima berbagai source untuk mengeluarkan musik. Oh, hampir lupa, bahkan tersedia aksesoris Bluetooth dongle yg bisa ditancapkan di port USB-nya jadi bisa juga untuk terima source wireless Bluetooth misal smartphone. Sayangnya, suara yang dihasilkan, secara gw pribadi, agak kurang baik. Kalau kamu benar-benar mencari kualitas suara, mungkin gw bisa sarankan pilih “adeknya” Sonic Gear Quatro 2.