Masih lanjut lagi dengan periferal murah meriah, kali ini gw ada Morro 2200, salah satu speaker terbaru dari SonicGear. Gw sendiri awalnya nggak percaya kalau speaker ini dibanderol dengan harga yang murah. Emangnya seperti apa sih speaker ini?

Bisa dibilang, gw sudah sangat familiar dengan speaker keluaran SonicGear dari entah kapan, dan suprisingly, review gw buat speaker murahnya, di blog ini juga, view nya lumayan tinggi. Buat yang belum lihat bisa di cek disini dan disini .

Dan awalnya gw juga nggak kepikiran buat nyobain speaker ini, cuma terlihat muncul di hasil search Google lalu gw berpikir “wah apa ini? tampaknya menarik”. Singkat cerita, mendaratlah SonicGear Morro 2200 ini di kamar gw dua minggu yang lalu. Satu hal di awal yang gw akan langsung kasih tahu, speaker ini murah apalagi kalau belinya pas ada promo diskonan e-commerce 😛

Lanjut, ini lah tampang dari Morro 2200. Gw pilih yang warna hitam karena biar lebih awet aja tampangnya. Sebenarnya yang putih cakep juga sih.

sonic-gear-morro-2200-review-1

Ukuran dari speaker ini termasuk kecil dan ringkas. Tingginya kira-kira sekaleng minuman soda lah. Kesan pertama gw adalah, plastik banget, meski unit woofer/bass nya cukup berbobot, satelitnya ringan hampir kayak mainan. Untungnya finishingnya lumayan jadi nggak kelihatan murah. 😀 Kedua, gw agak nggak sreg sih sama desain driver warna GOLD, kesannya gimana gitu, well, ini lebih ke selera pribadi sih. Tapi ada yang tidak bisa gw toleransi, tidak ada petunjuk mana satelit kiri mana satelit kanan. 🙁

Lanjut ke speakernya, Morro 2200 menggunakan setup yang mereka sebut 2×2. Yang artinya 2 driver satelit dan 2 driver ‘subwoofer’ dengan kontrol ada di unit subwoofer nya tersebut. Kenop putar ini berupa volume keseluruhan (atas) dan volume bass (bawah). Sebuah LED biru akan menyala ketika sistem aktif.

SIMAK JUGA >  [Review] Asus Zenfone 3 Max : Maximalkan aktifitas digitalmu

sonic-gear-morro-2200-review-2

Seperti biasa, speaker ini juga pake power USB jadi lebih fleksibel buat penggunaannya WALAUPUN harus diperhatikan juga keluaran arus dari sumber tenaganya. Kalau mau aman sih saran gw pake adaptor / charger hape yang punya keluaran 2A jadi lebih maksimal. Koneksi speaker satelitnya sendiri menggunakan jack 3.5mm yang dicolokan ke unit subwoofernya.

Oke ini lah bagian yang paling penting, seperti apa suaranya?

Impresi awal suara pas pertama kali, masih bau baru, adalah OK. Suara satelitnya cukup kasar, dengan dominan mid-high dan nada atasnya kurang berisi alias kurang cesss. Dan as expected, suara ‘plastik’ nya terdengar terutama pas ketukan-ketukan pada lagu.

Tapi begitu volume unit subwoofer dinaikkan, baru agak mendingan tonal balancenya. Area mid-low mulai terisi dan suprisingly dua driver berukuran 3 inci ini bisa menghasilkan nada rendah yang lumayan juga. Tentu tidak bisa berharap dentuman bass ala subwoofer 6 inci keatas, tapi untuk ukurannya cukup impresif. Dan lagi-lagi terbentur masalah bahan enclosure nya yang dari plastik sehingga pada volume agak kencang, keseluruhan bodi bergetar cukup hebat.

Satu poin minus dan menurut gw sih cukup FATAL adalah speaker ini tidak stereo. Jadi walaupun kedua satelit di tempatkan di kiri dan kanan agak berjauhan, suaranya tetap ‘kacau’ ditambah lagi seperti yang gw sebutkan diatas, tidak ada petunjuk L/R pada satelit. Untuk meyakinkan gw bahkan sampai tes pake channel mixer dan yap, pada tes Left/Right Speaker, bunyi semua speakernya, tidak seperti seharusnya di kiri atau di kanan. 😡

Akhirnya gw memperlakukan speaker ini layaknya speaker portable bluetooth yang semua channelnya di mix jadi satu. Satelitnya gw ‘tempelin’ aja ke unit subwoofernya karena toh nggak ada gunanya karena suaranya sama semua.😐

Setelah kurang lebih 2 mingguan, suaranya sedikit membaik namun karakter ‘kasar’ nya masih. Jadi kalo dengerin lagu selow/melow agak kurang asik, tapi kalo buat lagu pop/rock, cukup nikmat.

SIMAK JUGA >  [Review] MiFa A10 : Bandel dan Menggetarkan

Overall, SonicGear Morro 2200 merupakan sistem speaker kecil yang menarik, terlebih dari sisi valuenya mengingat speaker ini dibanderol sangat terjangkau untuk ukurannya. Kualitas suaranya juga menurut gw tidak mengecewakan dengan power yang lumayan. Sekali lagi sangat disayangkan speaker ini tidak murni stereo jadi mengurangi kenikmatan terutama buat yang pengen speaker ringkas untuk menemani notebook/laptop.

sonic-gear-morro-2200-review-3

71 100 1
71%
Average Rating

SonicGear Morro 2200

Simpel, ringkas dan terjangkau merupakan daya tarik utama SonicGear Morro 2200. Suaranya pun tidak mengecewakan. Tapi sayang adanya 'cacat' di sektor suara agak mengurangi poinnya sebagai satu keseluruhan paket murah meriah.

  • Overall
    71%