Reviews

[Review] Xiaomi Mi Steel Gun Bluetooth Speaker : Explosif

Xiaomi memang terkenal dengan hape Smartphone-nya yang terjangkau tapi fitur wah. Tapi Xiaomi juga punya banyak sekali produk lainnya salah satunya Bluetooth Speaker yang bakal gw review kali ini. Seperti smartphonenya juga, Bluetooth Speaker ini punya banyak model dan yang ini adalah model untuk tahun 2016. Penasaran? Simak terus

Berbeda dengan model sebelumnya, Xiaomi Mi Steel Gun Bluetooth Speaker (iya gw tau, namanya panjang, tapi “terjemahannya” begini 🙁 ) punya bentuk tabung tinggi. Pertama buat Xiaomi karena speaker bluetooth mereka sebelumnya berbentuk persegi panjang dan tabung pendek alias bantet 😛 .

Punya pilihan warna hitam dan putih, desain dari Xiaomi Mi Steel Gun ini simpel dan sejujurnya gw suka, cakep aja gitu. Unit yang gw pilih warna putih dengan aksen metal silver pada bagian atasnya.

review-xiaomi-speaker-2016-2

Yap, kalau diperhatikan, ada dua bagian dari speaker ini, dan bagian atas beraksen silver itu adalah kontrol utamanya. Bisa diputar untuk volume, dan bisa di pencet untuk macam-macam aksi. Pencet agak lama untuk menyalakan/mematikan, pencet sekali untuk Play/Pause/Angkat telepon, pencet dua kali untuk re-pairing bluetooth.

Ada lampu indikator untuk status koneksi dan baterai. Serta di sisi lainnya port micro-usb untuk mengisi ulang baterai 1200 mAh yang katanya bisa untuk penggunaan 7 jam playback.

Secara teknis, menurut Xiaomi, mereka menggunakan driver speaker buatan Thymphany, pabrikan asal Jerman yang juga bikin speaker bagus (baca : mahal). Speaker ini juga punya kekuatan maksimal 5W.

Dan sampailah kita ke bagian utama, seperti apa suaranya? Nah ini dia. Pertama yang gw notice adalah, wah ngebass juga nih walaupun kecil gini. Di beberapa lagu kadang jadi agak nutup emank sih mid-bass nya. Tapi begitu dihajar akustikan, waw, bisa jernih juga, vokal jelas, string masih ngejar walaupun jangan berharap denting dan cling cling alias frekuensi atas nya kurang hit.

SIMAK JUGA >  Xiaomi Note and Xiaomi Note Pro, not so affordable flagship from Xiaomi

Satu hal menarik adalah, base atau bidang meletakkan speaker ini berpengaruh ke suara, terutama bass/nada rendah. Ini karena speaker ini bergetar atau beresonansi di seluruh bodinya dan terasa kalau misalnya ditaro di atas meja. Paling pas ditaro di lantai kalau mau maksimal respon frekuensi rendahnya. Unik memang 😀

Oya sebelum lupa, juga bisa teleponan dengan speaker ini, seperti yang gw sebutkan tadi, pencet sekali pas ada telepon masuk, dan langsung bisa bicara lewat speaker ini.

Overall gw puas sih dengan Xiaomi Mi Steel Gun Bluetooth Speaker ini, apalagi mengingat harganya relatif lebih murah (under Rp.500 ribu) dengan kualitas suara yang diatas rata-rata dikelasnya.

Simak juga video reviewnya di bawah